Senin, 21 Maret 2011

Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar

                                             Upaya untuk Meningkatkan Prestasi Belajar
Pendapat para ahli menyatakan “Belajar merupakan suatu proses yang ditindai dengan adanya perubahan pada diri sesorang”. Perubahan sebagai hasil proses belajar dapat ditunjukkan dalam berbagaia bentuk seperti berubaha pengetahuan, pemahaman, sikap dan tingkah laku, keterampilan, kecakapan dan kemampuan, daya reaksi, daya penerimaan dan aspek-aspek lain yang ada pada individual. Prestasi seorang siswa dapat dilihat dalam usaha kegiatan belajarnya, dapat diketahui dari hasil pengajaran atau hasil pembelajaran. Hasil tersebut meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap. Beberapa upaya yang dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar antara lain:
a.  Guru harus memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam menguasai meteri pelajaran, sehingga siswa dengan mudah menerima materi yang diberikan atau yang diajarkan.
b.  Dalam kegiatan KBM, guru tidak saja memakai metode ceramah melaikan juga harus memakai multi metode dengan penekanan proses belajar siswa aktif.
c.   Penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan proses belajar mengjar harus disesuaikan dengan materi pelajaran. Untuk itu alat peraga sebelumnya disipkan sebaik mungkin supaya siswa memiliki keterampilan dalam menggunakan alat peraga tersebut sehingga manpu meningkatkan prestasi belajarnya.
d.   Setiap siswa memiliki perbedaan baik biologis, kemampuan dan tingkat kematangan. Oleh sebab itu guru harus dapat memberikan layanan secara individu disamping pelayanan klasikal.
Dari semua usaha yang dilaksanakan diatas menunjukkan bahwa peranan guru sangat penting dalam meningkatkan persstasi belajar siswa melalui penguasaan materi pelajaran, penggunaan metode yang tepat dan sesui serta mampu memberikan layanan kepada siswa baik dalam belajar scara berkelompok maupun individual.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best CD Rates