Rabu, 02 Maret 2011

SUMBER DAYA MANUSIA (DOSEN) JURUSAN BK IKIP MATARAM

                   Sumber Daya Manusia (DOSEN) JURUSAN BK IKIP MATARAM
                                                            TAHUN  AJARAN 2010

1.    Sistem Seleksi dan Pengembangan
Jelaskan sistem seleksi/perekrutan, penempatan, pengembangan, retensi, dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan untuk menjamin mutu penyelenggaraan program akademik.
a.    Dosen dan Karyawan
           Dosen merupakan sumber daya manusia yang menjadi ujung tombak dan faktor penentu keberhasilan pelaksanaan program studi. Oleh karena itu upaya menyegarkan dan meningkatkan kinerja dosen merupakan keharusan. Upaya ini ditempuh melalui dua pendekatan, yaitu: 1) Pendidikan Lanjutan untuk mencapai gelar akademik yang lebih tinggi yang dapat dilakukan di dalam negeri atau di luar negeri, dan 2) Pelatihan,  mengikuti seminar, lokakarya, kursus, atau studi lanjutan baik tingkat nasional maupun internasional. Melalui pembinaan ini diharapkan mereka dapat mendalami dan memperluas wawasan pengetahuan yang bermanfaat bagi upaya meningkatkan mutu proses belajar mengajar.

        Himbauan dan upaya menyekolahkan dosen ke jenjang pendidikan Pascasarjana  dilakukan secara berkesinambungan hal ini mengingat kebutuhan pendidikan pada Jalur tersebut sangat minim. Program Studi Bimbingan dan Konseling lebih banyak menjalin kerjasama dengan lembaga birokrasi terutama dalam hal penyelenggaraan program Bimbingan dan Konseling bagi masyarakat.

    Rencana pengembangan dosen di bidang penelitian dilakukan dengan mempertimbangkan : 1) keadaan dan keanekaragaman kualifikasi dosen yaitu  dosen tetap dan  dosen tidak tetap yayasan. 2) keadaan dan potensi Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP IKIP Mataram pada waktu sekarang, dan 3) arah pembinaan penelitian terkait dengan peningkatan keilmuan di bidang Bimbingan dan Konseling.

          Dalam jangka pendek, rencana pengembangan diarahkan dengan cara: a) meluaskan wawasan ilmiah, kreativitas dan minat para dosen untuk aktif mencari kesempatan berpartisipasi dalam kegiatan ilmiah. b) pelatihan dan penataran, utamanya dalam metode penelitian dan penulisan ilmiah, c) mengupayakan suasana dan lingkungan kondusif yang mengundang minat dan prakarsa penelitian, seperti menyediakan bahan dan sumber informasi ilmiah atau bahan bacaan yang relevan.

      Bimbingan akademik yang dilakukan oleh dosen program studi meliputi 1) bimbingan kepada dosen junior dan 2) bimbingan kepada mahasiswa program studi. Materi bimbingan tersebut mencakup aspek kognitif, psikomotor, dan aspek afektif.

a.      Threshold (Kenyataan atau fakta)
1).  Berdasarkan kualifikasi pendidikan, jumlah dosen (tenaga pengajar) husus Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram adalah 24 orang, dengan rincian: S1 BK: 14 orang;  S2 BK: 5 orang, dan S3 BK : 2 orang, di luar kualifikasi Jurusan BK:  15 orang. Sehingga jumlah dosen yang dipakai sebagai tenaga pengajar di Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan adalah orang.
2).  Sementara itu terkait dengan keberadaan dosen sampai saat ini dengan status: Dosen Tetap Yayasan pada Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan adalah: 19 orang, Dosen Kopertis: 5 Orang dan Dosen Luar Biasa: 50 orang.
3). Dalam penerimaan dosen pengajar di luar kualifikasi Bimbingan Konseling, pihak Fakultas, khususnya Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan melakukan seleksi menurut kebutuhan mata kuliah yang ada sehingga untuk menjamin kualitas dari para dosen yang merespon untuk mengajar, Sistem dan strategi rekruitmen dosen melalui ketentuan perundang-undangan yang berlaku menurut statute yang ada di IKIP Mataram dan juga sesuai menurut kebutuhan program pengembangan jurusan dan program studi di setiap jurusan masing-masing.
              4).  Pengembanga kemampuan dosen dilakukan melalui jalur pendidikan yang tepat, sesuai, berkualitas dan berkualifikasi.
a.   Sampai saat ini pemberian kesempatan mengikuti pendidikan S2 husus Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan yang sudah selesai adalah S2= 3 orang. Bukan hanya itu saja, pihak Fakultas di Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan selslu memberikan kesempatan bagi para dosen untuk mengikuti pelatihan/kursus dalam peningkatan kemampuan akademik di bidangnya masing-masing seperti pelatihan Penelitian Dosen Muda,  Pembimbing/Penulisan Ilmiah  dan Dosen untuk melakukan penelitian.
b.    Untuk dapat memberikan nilai lebih bagi para dosen yang mengajar selama ini, lembaga IKIP Mataram menerapkan pelayanan kesejahteraan peningkatan pengetahuan bagi dosen yang berminat meningkatkan pendidikannya ke arah yang lebih tinggi seperti dengan melakukan pembinaan proses perhitungan kredit kenaikan jabatan fungsional dosen.
5). Sebagai bentuk dari peningkatan kualitas ketenagaan yang ada, secara universal IKIP Mataram dalam menerima karyawan dilakukan melalui proses seleksi, sesuai dengan kebutuhan. Mekanisme rekrutmen dan seleksi calon karyawan, diawali analisis kebutuhan (need assessment).
6).  Semakin tinggi kualitas para dosen dan karyawan maka akan semakin tinggi pula penghargaan yang diberikan oleh pihak lembaga. Dengan demikian sampai saat ini Terhadap Dosen dan pegawai yang berprestasi diberikan promosi dan yang indisipliner secara bertahap diberlakukan pembinaan.
        b.    Benchmark (Standar Kinerja Normatif)
1) Penerimaan dosen dan karyawan IKIP Mataram disesuaikan dengan arah pengembangan IKIP Mataram yang bersumber dari visi, misi, tujuan dan sistem IKIP Mataram. Dalam 2 tahun terakhir rekruitmen dan pembinaan dosen dan pegawai dilakukan secara bertahap sejalan dengan target pengembangan proses PBM secara kualitas.
2)      Sejalan dengan pengembangan program peningkatan kualitas dilakukan tahapan pembinaan sebagai berikut :
a)        Penempatan karyawan sesuai kompetensi dan kebutuhan lembaga
b)       Pengembangan kualitas dosen dengan penugasan dosen pembina mata kuliah sesuai kompetensi dosen dan pengembangan program
c)        Peningkatan pelaksanaan pola akademik dan presensi dosen dan Peningkatan kedisiplinan jam kerja
d)       Peningkatan pengawasan dosen melakukan PBM dan Peningkatan nilai gaji/honorarium dosen dan karyawan
e)        Pengembangan keterampilan kerja karyawan melalui pelatihan aplikasi komputer program yang canggih.
3)      Peningkatan kompetensi para dosen melalui pertemuan ilmiah dan pengembangan lembaga penelitian dan pusat-pusat studi serta pembinaan kerjasama dengan pihak luar (PT, Pemda dan masyarakat).












4.1.2. Mahasiswa
a.   Threshold (Batas Ambang)
1.   Penerimaan mahasiswa dilakukan melalui tes tertulis yang terdiri dari berbagai mata pelajaran dan dalam tes lisan akan dijaring pengetahuan dan kepribadian mahasiswa sehingga jangan sampai dapat mencemarkan nama baik lembaga tinggi IKIP Mataram itu sendiri, karena rambu-rambu dapat masuk dalam tes lisan itu.
2.   Dalam 5 (lima) tahun terakhir mahasiswa baru Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram cenderung meningkat dari tahun ketahun, sehingga diketahui pada tahun 2009 ini;  mahasiswa yang mendaftar dapat mencapai 250-300 orang.
b.   Benchmark (Standar Kinerja Normatif)
1)        Sistem dan strategi penjaringan mahasiswa dengan persyaratan administrasi dan teknis melalui proses test telah diperoleh mahasiswa sesuai dengan kualifikasi dan jumlah yang ditargetkan sebagai capaian yang menjadi binaan.
2)        Dalam perjalanan pengelolaan input, proses dan out put mahasiswa, selama ini diketahui tingkat keberhasilan mencapai 75 % dari keseluruhan mahasiswa yang ada dan sesuai dengan visi, misi dan tujuan Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan selaras dengan visi, misi IKIP Mataram sebagai lembaga pendidikan di NTB.
3)        Melalui ketentuan rektor dan operasionalisasinya oleh pimpinan fakultas ditetapkan pembimbing akademik (Dosen Wali) dan pembinaan akademik melalui mekanisme  standarisasi perkuliahan, pembinaan KKN, PPL dan penulisan skripsi guna memantapkan kemampuan mahasiswa sebagai calon sarjana.
4)        Rasio dosen  dan  mahasiswa pada Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram sekarang ini adalah: 1:20 hal ini sesuai menurut peraturan perguruan tinggi.
Komposisi rasio itu secara bertahap telah mendukung proses PBM sesuai dengan visi, misi dan tujuan Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan yang selaras dengan visi, misi dan tujuan IKIP Mataram.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best CD Rates