Senin, 14 Maret 2011

RPP Matematika



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran                         : Matematika
Materi                                      : Operasi Bilangan Pecahan
Pokok Bahasan                        : Penjumlahan dan Pengurangan pecahan campuran
Kelas / Semester                      : V / II
     Alokasi Waktu                          : 2 x 35 Menit

A.     Standar Kompetensi
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah.
B.     Kompetensi Dasar
5.2. Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan.
C.     Indikator
              Melalui diskusi kelompok siswa dapat :
              Menemukan hasil penjumlahan pecahan campuran.
·               Menemukan hasil pengurangan pecahan campuran. 
D.     Tujuan Pembelajaran
·         Siswa dapat menemukan hasil penjumlahan pecahan campuran.
·         Siswa dapat menemukan hasil pengurangan pecahan campuran.
E.     Materi Ajar
Penjumlahan dan pengurangan pecahan.
F.      Pendekatan /Metode Pembelajaran
·                      Metode Pembelajaran: Metode Penemuan Terbimbing
·                      Pendekatan:
-          Ekspositori
-          Diskusi kelompok
-          Pemberian tugas
G.    Langkah-langkah Pembelajaran
a.                  Kegiatan Awal
·         Mengucapkan salam
·         Berdo’a sebelum memulai pelajaran.
·         Menanyakan kehadiran siswa.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Menyampaikan materi pembelajaran
·         Dengan Tanya jawab di ingatkan tetang:
-          Penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama
-          Pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama.
b.               Kegiatan Inti
·         Menjelaskan materi pelajaran tentang penjumlahan pecahan campuran.
·         Menunjukkan pecahan  kepada siswa dengan cara kertas yang 1 tidak dilipat menunjukkan angka 1 pada pecahan, dan kertas yang lainnya dilipat menjadi 2 bagian dan mengarsir salah satu untuk menunjukkan pecahan . Kemudian menunjukkan pecahan  dengan cara kertas yang 1 tidak dilipat menunjukkan angka 1 pada pecahan, kertas yang satu lagi dilipat menjadi empat bagian yang sama besar, dan salah satu bagiannya juga diarsir untuk menunjukkan pecahan .
·         Siswa memperhatikan dua kertas hasil lipatan yang telah diarsir.
·         Menempelkan contoh operasi penjumlahan pecahan campuran.
·         Melalui peragaan, akan ditunjukkan penjumlahan pecahan campuran.
·         Melakukan peragaan dan siswa memperhatikan penjelasan dari guru.
·         Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
·         Menjelaskan materi pelajaran tentang pengurangan pecahan campuran.
·         Menempelkan contoh operasi pengurangan pecahan.
·         Melalui peragaan, akan ditunjukkan pengurangan pecahan campuran.
·         Melakukan peragaan dan siswa memperhatikan penjelasan dari guru
·         Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
c.                Kegiatan Akhir
·         Bersama siswa guru membuat kesimpulan terhadap konsep operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran.
·   Siswa diberi tugas (PR) untuk menambah keterampilan melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan.







 .

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best CD Rates