Senin, 14 Maret 2011

RPP Kimia

                   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

                              Nama Sekolah     : SPP N Mataram
                              Mata Pelajaran    : Kimia
                              Kelas/Semester   : X  / I (Ganjil)
                              Materi Pokok     : Struktur Atom
                              Alokasi waktu    : 2 x 40 Menit

A.    Standar Kompetensi
Mengidentifikasi Struktur Atom dan sifat-sifat periodik pada tabel periodik unsur
B.     Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan perkembangan teori, menginterpretasikan data dalam tabel sistem periodik
C.    Indikator pencapaian
·         Menentukan partikel dasar (proton, elektron, neutron).s
·         Menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi.
·         Menentukan massa atom relatif berdasarkan tabel periodik.
·         Mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton.
·        Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan fakta eksperimen.

D.    Tujuan pembelajaran
·         Menyebutkan partikel dasar dan sifat-sifatnya.
·         Dapat menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi.
·         Menentukan massa atom relatif berdasarkan tabel periodik unsur.
·         Menentukan massa atom relatif berdasarkan kelimpahan isotopnya.
·         Menentukan massa molekul relatif berdasarkan data massa atom relatif.
·         Mengklasifikasikan atom ke dalam isotop, isobar dan isoton.
·         Menyatakan pengertian atom sebagai unit pembangun materi (teori atom dalton).
·         Menyatakan dasar teori atom Dalton, Thomson, Rutherford, Niels Bohr dan mekanika kuantum.
·      Menyatakan ide pokok dalam teori atom Dalton, Thomson, Rutherford, Niels Bohr dan Mekanika kuantum.
·         Menyatakan kelemahan teori atom Dalton, Thomson, Rutherford, dan Niels Bohr.
E.     Materi Ajar
a.       Partikel penyusun atom.
b.      Konfigurasi elektron dan elektron valensi.
c.       Massa atom relatif
d.      Massa molekul relatif.
e.       Komposisi atom dan Ion (Nomor atom, Nomor massa, Isotop, Isobar dan Isoton).
f.       Perkembangan Teori Atom.
F.     Metode Pendekatan
Dengan menggunakan model pembelajaran Discovery-Inquyri Lab Lesson
G.    Skenario Pembelajaran
Pertemuan pertama (2 jam pelajaran)
1.      Kegiatan awal
- salam pembuka
- perkenalan
- membagi siswa ke dalam beberapa kelompok
- membagikan LKS kepada siswa
2.      Kegiatan Inti
-          Menjelaskan tentang materi yang akan diajarkan
-          Meminta siswa untuk mendiskusikan secara singkat tentang partikel penyusun atom serta konfigurasi elektron dan elektron valensi.
-          Menyuruh tiap-tiap anggota kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi.
-          Menyuruh siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan dalam LKS.
3.      Kegiatan akhir
-          Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan.
-          Memberi tugas untuk pertemuan berikutnya.

Pertemuan Kedua ( 2 Jam Pelajaran )
1.      Kegiatan awal
-          salam pembuka
-          memeriksa kehadiran siswa
-          memeriksa sepintas apakah PR, apakah siswa mengerjakannya atau tidak.
-          membagikan LKS
2.      Kegiatan Inti
-           menjelaskan tentang materi yang akan diajarkan yaitu tentang penentuan massa atom
       relatif berdasarkan tabel periodik serta mengklasifikasikan unsur kedalam isotop, isobar dan isoton.
-          meminta kepada siswa untuk mendiskusikan materi yang terdapat dalam LKS.
-          meminta kepada perwakilan anggota kelompok  untuk mempresentasikan hasil diskusi.
-          menyuruh siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan dalam LKS.
3.      Kegiatan akhir
-          menyimpulkan inti pembahasan/diskusi
-          memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan.

Pertemuan Ketiga (2 Jam Pelajaran)
1.      kegiatan awal
-          salam pembuka
-          memeriksa kehadiran siswa
-          membagikan LKS
2.      Kegiatan Inti
-          menjelaskan tentang materi yang akan diajarkan yaitu tentang perkembangan teori atom.
-          meminta kepada siswa untuk mendiskusikan materi yang terdapat dalam LKS.
-          Meminta kepada perwakilan anggota kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi.
-          menyuruh siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan dalam LKS.
3.      Kegiatan Akhir
-          menyimpulkan inti pembahasan/diskusi
-          memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan
-          menginformasikan bahwa minggu depan akan diadakan tes evaluasi siklus.
H.    Penilaian
1.      Teknik Penilaian    : Tes tertulis
2.      Bentuk instrumen : Tes tertulis bentuk essay
I.       Alat Bahan /Sumber Belajar
Alat/ Bahan : LKS
Sumber Belajar :
a.       Buku paket Kimia : Kimia untuk SMA kelas X ( Michael purba )
b.      Buku Sains Kimia IA Prinsip dan Terapannya
c.       Inti Sari Kimia untuk SMA

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best CD Rates