Minggu, 20 Maret 2011

Prinsip Quantum Teaching

                                 Prinsip-prinsip Quantum Teaching
1.  Segalanya Berbicara
Segalanya dari lingkungan kelas, bahasa tubuh guru (tatapan mata, gerakan tangan dan sebagainya), kertas yang dibagikan, rancangan pelajaran, alat bantu mengajar (penggaris, kapur berwarna), alat peraga atau demonstrasi tentang larutan asam basa, semuanya mengirim pesan tentang pembelajaran kimia.
2.  Segalanya Bertujuan
Pembelajaran yang dilakukan guru harus mempunyai tujuan, yaitu agar siswa mencapai kompetensi yang diharapkan yang nantinya dapat bermanfaat dikehidupan siswa.
3.   Pengalaman Sebelum Pemberian Nama
Pembelajaran Kimia yang baik terjadi ketika siswa telah mengalami informasi tentang  kelarutan dan hasil kali kelarutan melalui demonstrasi sebelum siswa memperoleh nama atau konsep yang akan dipelajari.
4. Pengakuan Setiap Usaha
Pada dasarnya semua orang senang diakui, karena pengakuan membuat kita merasa bangga, percaya diri dan bahagia. Penelitian mendukung konsep bahwa kemampuan siswa meningkat karena pengakuan guru.
5. Kimia Layak Dipelajari, maka Layak pula Dirayakan
Perayaan adalah sarapan pelajaran juara. Perayaan memberikan umpan balik mengenai kemajuan dan peningkatan emosi positif, siswa terbebas dari ketegangan sehingga lebih bersemanagat dalam pembelajaran Kimia dan mengajarkan kepada siswa mengenai motivasi. Siswa akan menanti kegiatan belajar, sehingga pembelajaran siswa lebih dari sekedar mencapai nilai tertentu. Perayaan membangun keinginan untuk sukses. Setelah selesai siswa melakukan percobaan dan mendemonstrasikan hasilnya maka guru memberikan aba-aba untuk bertepuk tangan bersama-sama atas hasil kerja siswa.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best CD Rates