Senin, 21 Maret 2011

Pengertian Pengelolaan Kelas

                                                   Pengertian Pengelolaan Kelas
Menurut Weber (dalam winataputra,1998; 5-6) ada beberapa pengertian pengelolaan kelas menurut pendekatan sebagai berikut: (a) Pendekatann modifikasi tingkah laku. Menurut pendekatan ini pengelolaan kelas adalah serangkaian kegiatan   yang dilakukan guru untuk mendorong munculnya tingkah laku siswa yang diharapkan dan menghilangkan tingkah laku siswa yang tidak diharapkan. (b) Pendekatan iklim sosio-emosional. Menurut pendekatan ini pengelolaan kelas merupakan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan untuk mengebangkan hubungan interpersonal yang sehat, baik antara guru dengan siswa ataupun antara siswa dengan siswa dan iklim sosio-emosional yang positif. (c) Pendekatan proses kelompok. Menurut pendekatan ini pengelolaan kelas adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan guru untuk menciptakan, mengembangkan dan memelihara organisasi kelas yang produktif dan efektif.
Menurut pendapat lain pengelolaan kelas merupakan cara-cara yang ditempuh guru dalam menciptakan lingkungan kelas agar tidak terjadai kekacauan dan memberi kesempatan pada siswa untuk mencapai tujuan akademis dan sosial “Winzer (dalam Winataputra, 1998).
Dari pengertian pengelolaan kelas diatas maka dapat disimpulkan bahwa pengelolaan kelas merupakan serangakian kegiatan yang ditunjukkan untuk mendorong munculnya tingkah laku siswa yang diharapkan dan menghilangkan tingkah laku siswa yang tidak diharapkan, menciptakan hubungan interpersonal yang baik dan suasana soso-emosional yang positif, serta menciptakan dan memelihara organisasi kalas ang produktif dan efektif; Atau secara singkat pengelolan kelas adalah usaha yang dilaukan guru untuk menciptakan, memelihara dan mengembangkan suasana belajar yang kondusif.

                Sumber  :
                Winataputra, 1998. Strategi Belajar Mengajar. Universitas Terbuka. Jakarta.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best CD Rates