Selasa, 15 Maret 2011

Penataan Lingkungan Fisik Kelas

                                         Penataan Lingkungan Fisik Kelas
Menurut Winzer (dalam winataputra, 1998; 16), beberapa penelitian menunjukan bahwa penataan lingkungan yang tepat akan berpengaruh terhadap  tingkat keterlibatan dan paratisipasi siswa dalam proses pembelajaran.
 a.    Prinsip Penataan Lingkungan Kelas
    Pada prinsipnya lingkungan fisik kelas yang baik adalah ruang kelas yang menarik, efektif dan mendukung siswa dan guru dalam proses pembelajaran.
 b.    Tujuan Penataan Lingkungan Fisik Kelas
Yang perlu diingat dalam penataan lingkungan fisik kelas ialah mengarahkan kegiatan siswa dan mencegah munculnya kegiatan siswa yang tidak diharapkan.
         Menurut Loisell (dalam winataputra, 1998; 17-19) ketika menata lingkungan fisik kelas ada beberapa hal-hal yang harus diperhatikan guru sebagai berikut:
1)     Visibility (Keleluasaan pandangan)
Hal pertama yang harus diperhatikan guru dalam menata lingkungan kelas adalah visibility artinya penempatan dan penataan barang-barang dikelas tidak mengganggu pandangan siswa, sehingga siswa lebih leluasa memperhatikan guru pada saat proses pembelajaran berlangsung.
2)     Accessibility (Mudah dicapai/ mudah dijangkau)
Barang-barang yang dibutuhkan siswa dalam proses pembelajaran  hendaknya  diletakkan  lebih  dekat  dengan  siswa sehingga mudah dijangkau oleh siswa.
3)     Fleksibilitas (Keluesan)
Barang-barang yang ada didalam kelas hendaknya mudah untuk ditata dan dipindah-pindah sesuai dengan tuntutan pembelajaran.
4)     Kenyamanan,dan
Selain menata ruang kelas sesuai dengan tujuan dan strategi pembelajaran, guru juga dituntut untuk menata dan memberikan kenyamanan baik bagi siswa maupun guru itu sendiri. Prinsip kenyamanan ini berkenaan dengan temperatur ruangan, cahaya, suara, dan kepadatan kelas.
5)     Keindahan
Dalam menata ruang kelas, prinsip keindahan ini perlu diperhatikan. Prinsip ini berkenaan dengan usaha guru menciptakan ruangan kelas yang menyenangkan dan kondusif bagi kegiatan pembelajaran.

                       Sumber :
                       Winataputra, 1998. Strategi Belajar Mengajar. Universitas Terbuka. Jakarta.




0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best CD Rates