Komponen-Komponen Keterampilan Mengelola Kelas
Menurut Syaiful Bahri Djamarah “(dalam Sobri Sutikno, 2007) komponen- komponen pengelolaan kelas dibagi menjadi dua anrara lain sebagai berikut:
a. Ketermpilan yang bersifat preventif (pencegahan)
Sesuai dengan sifatnya keterampilan ini mencakup kemampuan guru untuk mencegah terjadinya gangguan pembelajaran sehingga dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dengan menunjukkan sikap tanggap, memberi perhatian dan memusatkan perhatian kelompok.
b. Keterampilan yang bersifat represif (penekanan)
Keterampilan ini berkaitan dengan kemampuan guru dalam mengatasi gangguan yang muncul secara berkelanjutan, sehingga kondisi kelas dapat dioptimalkan. Dalam mengatasi gangguan dari siswa yang berkelanjuatan ada tiga hal yang dapat di lakkan oleh guru yaitu; keterampilan modifikasi tingkah laku, pengelolaan kelompok dan menemukan tingkah laku yang menimbulkan masalah.
Sumber ;
Sobry sutikno, 2007. Stategi Belajar Mengajar. PT. Remaja Adinata. Bandung.
0 komentar:
Posting Komentar