Jumat, 11 Maret 2011

Jenis Layanan BK

                         
                    Jenis-jenis Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah 
Adapun jenis-jenis layanan dan kegiatan bimbingan konseling di sekolah, meliputi:
a.       Layanan Orientasi
Layanan orientasi yaitu layanan bimbingan konseling yang memungkinkan peserta didik dan pihak-pihak lain yang dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap peserta didik (Sukardi, 2002: 44).
b.      Layanan Informasi
Layanan informasi yaitu bimbingan yang memungkinkan peserta didik dan pihak-pihak lain yang dapat memberikan pengaruh yang besar kepada peserta didik (terutama orang tua) menerima dan memahami informasi (seperti informasi pendidikan dan informasi jabatan) (Sukardi, 2002: 45).
c.       Layanan Penempatan dan Penyaluran
Layanan penempatan dan penyaluran yaitu layanan bimbingan yang memberikan peserta didik memperoleh penempatan dan penyaluran yang tepat (misalnya penempatan/penyaluran di dalam kelas, kelompok belajar, jurusan atau program studi, program pilihan, magang, kegiatan kurikuler/ekstrakurikuler) sesuai dengan potensi, bakat, dan minat serta kondisi pribadinya (Sukardi, 2002: 45).
d.      Layanan Bimbingan Belajar
Layanan bimbingan belajar yaitu bimbingan konseling yang memungkinkan peserta didik mengembangkan diri berkenaan dengan sikap dan kebiasaan belajar yang baik, materi belajar yang cocok dengan kecepatan dan kesulitan belajarnya, serta berbagai aspek tujuan dan kegiatan belajar lainnya, sesuai dengan perkembangan ilmu, teknologi, dan kesenian (Sukardi, 2002: 46).
e.       Layanan Konseling Perseorangan
Layanan konseling perseorangan yaitu layanan bimbingan konseling yang memungkinkan peserta didik yang mendapatkan layanan langsung secara tatap muka dengan guru pembimbing (konselor) dalam rangka pembahasan dan pengentasan permasalahannya (Sukardi, 2002: 47).
f.       Layanan Bimbingan Kelompok
Yaitu layanan bimbingan yang memungkinkan sejumlah peserta didik secara bersama-sama memperoleh berbagai bahan dari nara sumber tertentu (terutama dari pembimbing/konselor) yang berguna untuk menunjang kehidupannya sehari-hari baik individu maupun sebagai pelajar, anggota keluarga dan masyarakat (Sukardi, 2002: 48).
g.      Layanan Konseling Kelompok
Layanan konseling kelompok yaitu layanan bimbingan konseling yang memungkinkan peserta didik memperoleh kesempatan untuk pembahasan dan pengentasan permasalahan yang dialaminya melalui dinamika kelompok (Sukardi, 2002: 49).
Dari jenis-jenis layanan Bimbingan konseling (BK) yang disebutkan di atas, dapat dipahami bahwa jenis-jenis layanan tersebut menunjukkan pada komitmen guru bimbingan konseling dalam profesinya untuk membantu dan mengatasi berbagai macam kesulitan/masalah yang dihadapi siswa di sekolah, sehingga terjadai proses belajar mengajar secara efektif dan efisien. Dan layanan tersebut diarahkan kepada siswa terutama siswa yang sering melanggar tata tertib sekolah, seperti membolos, merokok, mengacau di dalam kelas, sering tidak masuk tanpa keterangan yang jelas, pelanggaran susila atau seks.

            Sumber  :
            Sukardi, 2002. Pengantar Pelaksana Bimbingan konseling di Sekolah. Jakrta: Rineka Cipta.


0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best CD Rates