Rabu, 02 Maret 2011

Implikasi Psikologi Kepribadian dalam Pendidikan

                         
                          Implikasi Psikologi  Kepribadian  dalam Pendidikan
Perbedaan Individual mengakibatkan peserta didik berbeda dalam penerimaan atau pemahaman materi dalam proses belajar mengajar. Ada yang langsung dapat menerima materi dengan baik, dan adapula yang tidak.
Tidak diterimanya materi dengan baik oleh sebagian peserta didik mengakibatkan tujuan dalam setiap proses belajar mengajar tidak tercapai sepenuhnya. Implikasi dari perbedaan individual dalam pendidikan, dalam hal ini pada proses belajar mengajar adalah sebagai berikut:
1.    Program Pendidikan
     Dalam proses belajar mengajar, setiap sekolah mempunyai program masing-masing. Hal ini tergantung dengan fasilitas, tenaga pendidik, maupun finansial. Demi terwujudnya pencapaian tujuan proses belajar mengajar secara menyeluruh pada peserta didik, maka pihak sekolah hendaknya mengusahakan agar program pendidikan yang diberlakukan disesuaikan dengan perbedaan individual peserta didik.
2.   Sarana dan Fasilitas
     Berlangsungnya proses belajar mengajar dapat tercapai sepenuhnya apabila sarana dan fasilitas sekolah tersedia. Kelengkapan sarana sangat menunjang tercapainya tujuan proses belajar mengajar. Sebagai contoh, alat peraga yang tersedia lebih memudahkan peserta didik yang tidak dapat menangkap materi hanya melalui ceramah saja.
3.  Guru
    Guru sebagai organizer dalam proses belajar mengajar bertindak sebagai orang sumber (resource person), konsultan kepemimpinan (leader) selama proses tersebut. Dalam hal ini guru menciptakan situasi, memimpin, merangsang, menggerakkan, dan mengarahkan kegiatan belajar mengajar. Sehingga guru harus memperhatikan perbedaan individual peserta didik dalam pelaksanaan pendidikan

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best CD Rates