Fungsi dan manfaat media pembelajaran
Menurut Levie & Lentz dalam Arsyad, mengemukakan empat fungsi media pembelajaran, yaitu:
a. Fungsi atensi merupakan inti, yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran.
b. Fungsi afektif dapat dilihat dari kenikmatan siswa ketika belajar pada teks yang bergambar (bervariasi). Dengan disertai gambar dapat menggugah emosi dan sikap siswa.
c. Fungsi kognitif terlihat dengan lambang visual atau gambar bervariasi memperlancar pencapaian tujuan memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung di dalamnya.
d. Fungsi kompensatoris terlihat dari konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali. Dengan kata lain media pembelajaran berfungsi untuk mengakomodasikan siswa yang lemah dan lambat menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan dengan teks atau verbal.
Menurut Arsyad, manfaat praktis dari penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar, adalah:
a. Dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar
b. Dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, interakasi yang lebih langsung antara siswa dan lingkungannya, dan siswa bisa belajar sendiri-sendiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya.
c. Dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang, dan waktu.
Dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa-peristiwa di lingkungan mereka, dan terjadinya interkasi langsung dengan guru, masyarakat dan lingkungannya
0 komentar:
Posting Komentar