Senin, 21 Maret 2011

Faktor Mempengaruhi Prestasi Belajar

              Faktor mempengaruhi Prestasi belajar
Yang dimaksud faktor ekternal/ eksogen adalah “Suatu faktor yang datang dari luar diri individu siswa yang dapat mempengaruhi perstasi belajar”. Adapun faktor-faktor ekternt dimaksud diantaranya adalah:
1)      Cara Orang Tua Mendidik Anak
Slameto berpendapat bahwa “Cara orang tua mendidik anak besar pengaruhnya terhadap anaknya” (Slameto, 1988: 62). Sedangkan ahli lain berpendapat bahwa “Cara orng tua mendidik anaknya dapat merupakan sebab dari kegagalan anaknya dalam belajar” (Sunartana, dkk. 1985: 32). Dari kedua pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa cara orang tua dalam mendidik anaknya sangat mempengaruhi belajar anaknya, dan dengan sendirinya akan mempengaruhi prestasi belajarnya.
2)      Relasi Antara Anggota Keluarga
Dalam buku belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya dinyatakan bahwa “Relasi antara anggota keluarga yang terpenting adalah relasi antara orang tua dengan anaknya, selain itu relasi anak dengan saudaranya atau dengan anggota keluarga yang lainpun turut mempengaruhi belajar anak” (Slameto, 1988: 64). Ahli lain berpendapat bahwa “Kurangnya perhatian orng tua terhadap anak banyak berpengaruh terhadap kesulitan belajar, karena akan kehilangan tempat mengadukan persoalan dan kasih sayang dari orang tua dimana hal ini akan membawa anak tidak kerasan, malas belajar, dan kurang daya dalam belajar”.
Dari kedua pendapat diatas, maka dapat disimpulkan bahwa “Relasi antar anggota keluarga besar pengaruhnaya terhadap peningkatan prestasi belajar siswa, untuk itu demi kelancaran belajarnya serta keberhasilan anak perlu diusahakan relasi yang baik di dalam keluarga anak tersebut.
3)      Suasana Rumah
Menurut pendapat ahli menyatakan bahwa “Situasi rumah tangga kacau sering bertengkar antara anggota keluarga, tidak saling menghormati akan membuat siswa tidak bisa berkonsultasi, mudah terganggu dalam belajar”. Sedangkan ahli lain menyatakan bahwa” Suasana rumah dimaksud sebagai situasi yang aman dari kejadian-kejadian yang sering terjadi di dalam keluarga dimana anak berada dan belajar”.
Dari pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa suasana keamanan dan kenyaman dirumah merupakan faktor penting agar anak dapat belajar dengan baik, harus diciptakan suasana yang tenang agar anak betah tinggal dirumah.
4)      Keadaan Ekonomi Keluarga
Anak-anak yang senang belajar harus terpenuhi kebutuhan-kebutuhan pokok misalnya: makanan, pakaian, perlindung, kesehatan dan lain-lain, disamping juga membutuhkan fasilitas belajar seperti: ruang belajar, meja, kursi, penerangan, alat tulis menulis dan lain-lain. Menurut PPN Sunartana menyatakan bahwa “Ekonomi keluarga banyak menentukan berhasil tidaknya anak dalam belajar”. Sedangkan ahli lain menyatakan bahwa “Ekonomi keluarga erat hubungannya dengan prestasi belajar anak”.
Dari pendapat para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa keadaan ekonomi keluarga sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa, karena dengan terbatasnya ekonomi keluarga akan mempengaruhi fasilitas, sarana dan prasarana belajar tidak terpenuhi.
5)      Metode Mengajar
Metode mengajar merupakan tehnik yang harus dilakukan oleh guru dalam menunjang terjalinnya proses belajar mengajar yang baik. Oleh karena itu seorang ahli berpendapat bahwa “Metode mengajar adalah cara atau jalan yang harus dilalui dalam mengajar”. Sedangkan ahli lain berpendapat “Dengan mengunakan tehnik yang kurang cocok, maka dalam penyajian bahan pelajaran yang teralu sulit dengan gaya belajar yang monoton akan membuat anak cepat bosan”.
Dari pendapat diatas dapat disipulkan bahwa metode mengajar akan sangat menentukan keberhasialan belajar, untuk itu metode mengajar haruslah tepat agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.







0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best CD Rates