Ciri-Ciri Pembelajaran Berbasis Masalah
a. Guru harus menerapkan pengajaran yang menitik beratkan pada siswa suatu kerangka dukungan untuk memperkaya inkuiri dan pertumbuhan intelektual siswa.
b. Peran guru dalam pembelajaran berbasiskan masalah memfasilitasi penyelidikan siswa dan mendukung pembelajaran siswa
c. Guru harus menciptakan lingkungan kelas dan pembagian ide secara tebuka, tulus dan jujur.
d. Meskupun sulit tetapi keterampilan berpikir tingkat tinggi tetap harus diajarkan.
e. Ciri khas pembelajaran berbasis masalah yaitu :
1) Mengajukan pertanyaan atau masalah
2) Berfokus pada interdisiplin
3) Penyelidikan otentik
4) Menghasilkan karya nyata dan memamerkan serta
5) Kolaborasi
Sumber :
Suprijono, 2009, A. Cooperatif Learning, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2009.
0 komentar:
Posting Komentar