Jumat, 04 Maret 2011

Belajar dan Pembelajaran

                                              Belajar dan Pembelajaran
Secara sederhana pembelajaran diartikan sebagai upaya penataan lingkungan belajar yang memungkinkan peserta didik dapat belajar dengan atau tanpa kehadiran guru. Penataan mengandung pengertian menyiapkan dan memanfaatkan lingkungan belajar dapat berupa sumber belajar, sarana/alat belajar, dan suasana/iklim kelas. Proses belajar mencakup aktivitas peserta didik dalam mencari atau menerima dan mengeolah informasi, melibatkan diri dalam interaksi, bersikap dan berbuat, dan mengatur serta memanfaatkan perilaku.
Suatu ciri pendidikan sains adalah bahwa sains lebih dari sekedar kumpulan yang dinamakan fakta. Sains merupakan pengetahuan dan juga kumpulan proses. Bagaimanapun juga kebanyakan anak tidak berkembang dalam hal pemahaman konsep-konsep ilmiah dan prosesnya secara terintegrasi dan fleksibel. Sebagai contoh, mereka dapat menghafal berbagai konsep dan fakta, tetapi tidak dapat digunakan untuk menjelaskan fenomena dalam kehidupan yang berhubungan dengan konsep tersebut. Konsekuensinya, untuk memperkecil permasalahan ini, pembelajaran sains di sekolah diharapkan memberikan berbagai pengalaman pada anak yang mengizinkan mereka untuk memberikan penjelasan atas pengamatan mereka dalam diskusi kelas dan melalui tulisan.
Belajar adalah suatu aktivitas yang dilakukan secara sadar untuk mendapatkan sejumlah kesan dari bahan yang telah dipelajari . Ahli lain berpendapat bahwa. Belajar merupakan proses yang dilakukan seseorang untuk memperoleh perubahan yang dilakukan seseorang untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai pengalaman sendiri dalam interaksi dalam lingkungan.
Belajar merupakan suatu proses, suatu kegiatan dan bukan suatu hasil atau tujuan belajar bukan hanya mengingat akan tetapi bebih luas dari itu, yakni mengalami. Hasil belajar bukan suatu penguasaan hasil latihan melainkan pengubahan kelakuan. Berdasarkan ketiga teori diatas dapat disimpulkan, belajar adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara sadar dan mempunyai tujuan yang jelas dimana hasilnya berupa perubahan keterampilan, kebiasaan, sikap, pengetahuan dan apresiasi.
Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan pembelajaran.
                  Pembelajaran tidak hanya terbatas dalam ruang saja. Sistem pembelajaran dapat dilakukan dengan cara membaca buku, belajar di kelas atau di sekolah, karena diwarnai oleh organisasi dan interaksi antara berbagai komponen yang saling berkaitan, untuk membelajarkan peserta didik. 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best CD Rates