YAYASAN PONDOK PESANTREN NURUL HAKIM
STIT NURUL HAKIM KEDIRI
SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011
SILABUS MATA KULIAH
Mata Kuliah : Psikologi Pendidikan
Kode Mata Kuliah : 11135
Beban SKS : 2 SKS
Semester : IV (Empat)
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Jumlah Pertemuan :15/16 kali/semester
Dosen Pengampu : Ani Endriani, S.Pd.I, M.A
No. HP : 087.838.268.556
![]() |
1. DESKRIPSI MATA KULIAH :
Psikologi Pendidikan termasuk salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa Fakultas Pendidikan Agama Islam STIT Nurul Hakim Kediri. Dengan Mata Kuliah ini mahasiswa akan memperoleh bekal untuk menjadi seorang guru yang profesional, karena di dalamnya akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan belajar dalam pendekatan psikologis. Hal itu sangat penting bagi guru/calon guru, karena tugas utama seorang guru adalah membuat peserta didik belajar atau pembelajaran, sehingga perlu mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan belajar
II. TUJUAN UMUM MATA KULIAH :
Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menguasai konsep dan ruang lingkup psikologi pendidikan, berkenalan dengan psikologi pendidikan, metode penelitian, hakekat, proses dan ciri-ciri hasil belajar, teori-teori belajar, motivasi belajar, berpikir, bakat anak, konsep diri, serta evaluasi dalam prestasi belajar.
III. METODE DAN PENILAIAN
Metode Perkuliahan : ceramah, diskusi kelompok, penugasan dan presentasi.
Komponen penilaian : UTS (25%)
UAS (25%)
Tugas dan Presentasi (25%)
Kehadiran (25%)
IV. POKOK BAHASAN
PERT- AN | POKOK BAHASAN | URAIAN SUB POKOK BAHASAN |
1. | Perkenalan dan kontrak belajar | Prosedur perkuliahan, sistem penugasan, sistem penilaian, dan mengakomodasi masukan dari mahasiswa untuk perbaikan silabus. |
2. | Berkenalan dengan psikologi pendidikan | 1. Pengertian psikologi pendidikan. 2. Manfaat psikologi pendidikan 3. Kontibusi psikologi pendidikan dan 4. Ruang lingkup psikologi pendidikan |
3. | Hakekat belajar, proses belajar dan ciri-ciri hasil belajar | 1. Hakekat belajar 2. Proses belajar 3. Ciri-ciri hasil belajar |
4. | Teori-teori Belajar | 1. Pengertian Belajar 2. Teori belajar, yakni behaviorisme |
5. | Teori-teori Belajar | 1. Teori belajar kognitivisme dan 2. Konstruktivisme. |
6. | Perkembangan siswa/ peserta didik | 1. Pengertian Perkembangan 2. Perkembangan fisik (motorik) 3. Perkembangan sosial dan moral siswa 3. Perkembangan kognitif dan serta arti penting perkembangan kognitif bagi proses belajar siswa |
7. | Faktor yang mempengaruhi Belajar | 1. Faktor internal siswa 2. Faktor eksternal siswa dan 3. Pendekatan dalam belajar serta alternatif pemecahannya. |
8. | Motivasi Belajar | 1. Arti dan pentingnya motivasi 2. Teori-teori motivasi 3. Teori atribusi |
9. | UJIAN TENGAH SEMESTER | (Sesuai dengan kesepakatan) |
10. | Intelegensi | 1. Pengertian intelegensi, dan ciri-ciri prilaku intelegensi 2. Hubungan antara intelegensi dan kreativititas 3. Tes Intelegensi 4. Perkembangan dan penggunaan tes intelegensi 5. Faktor-faktor yg mempengaruhi terhadap perubahan intelegensi |
11. | Evaluasi prestasi belajar | 1. Definisi, tujuan dan fungsi evaluasi belajar 2. Syarat dan ragam evaluasi 3. Indikator prestasi belajar 4. Batas minimal prestasi belajar 5. Evaluasi prestasi kognitif, afektif, dan psikomotor |
12. | Bakat | 1. Apakah bakat itu 2. Siapakah anak-anak berbakat itu 3. Ciri-ciri anak berbakat 4. Jenis-jenis bakat 5. Mengembangkan kemampuan anak berbakat 6. Tes bakat |
13. | Ingatan dan Lupa | 1. Pengertian ingatan 2. Fungsi ingatan 3. Kelupaan |
14. | Berpikir | 1. Berpikir sebagai aktifitas mental 2. Berpikir dan bernalar 3. Bahasa dan pikiran 4. Macam-macam berpikir |
15 | Konsep Diri | 1. Pengertian konsep diri 2. Diri sebagai suatu bangunan konsep 3. Bagaimana konsep diri terbentuk 4. Proses perkembangan konsep diri 2. Komponen konsep diri 3. Pembagian konsep diri 4. Faktor-faktor mempengaruhi konsep diri |
16. | UJIAN AKHIR SEMESTER | (Sesuai Jadwal) |
V. BUKU ACUAN
- Djiwandono, Sri Esti Wuryani, 2006, Psikologi Pendidikan, Edisi Revisisi, Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.
- Hamzah B. Uno. 2006. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
- Syah, Muhibbin. 2002. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Sobur, Alex, 2009, Psikologi Umum, Bandung : Pustaka Setia
- Suryabrata, Sumadi, 2001, Psikologi Pendidikan, Jakarta : RajaGrafindo Persada.
0 komentar:
Posting Komentar