Sabtu, 05 Februari 2011


    YAYASAN PONDOK PESANTREN NURUL HAKIM
   STIT NURUL HAKIM KEDIRI
   SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN  2010/2011


                                                            SILABUS MATA KULIAH

                                   Mata Kuliah                : Psikologi Pendidikan
                                   Kode Mata Kuliah      : 11135
                                   Beban SKS                   : 2 SKS
                                   Semester                      : IV (Empat)
                                   Jurusan                        : Pendidikan Agama Islam
                                   Jumlah Pertemuan      :15/16  kali/semester
                                  Dosen Pengampu         : Ani Endriani, S.Pd.I, M.A
                                  No. HP                          : 087.838.268.556







1.      DESKRIPSI MATA KULIAH            :
Psikologi Pendidikan termasuk salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa Fakultas Pendidikan Agama Islam STIT Nurul Hakim Kediri. Dengan Mata Kuliah ini mahasiswa akan memperoleh bekal untuk menjadi seorang guru yang profesional, karena di dalamnya akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan belajar dalam pendekatan psikologis. Hal itu sangat penting bagi guru/calon guru, karena tugas utama seorang guru adalah membuat peserta didik belajar atau pembelajaran, sehingga perlu mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan belajar

II.    TUJUAN UMUM MATA KULIAH :
   Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menguasai konsep dan ruang lingkup psikologi pendidikan, berkenalan dengan psikologi pendidikan, metode penelitian, hakekat, proses dan ciri-ciri hasil belajar, teori-teori belajar, motivasi belajar, berpikir, bakat anak, konsep diri, serta evaluasi dalam prestasi belajar.


III.    METODE DAN PENILAIAN
Metode  Perkuliahan    :    ceramah, diskusi kelompok, penugasan dan  presentasi.
Komponen penilaian    :    UTS (25%)
                                            UAS (25%)
                 Tugas dan Presentasi (25%)
                 Kehadiran (25%)

IV.   POKOK  BAHASAN

PERT-
AN
POKOK BAHASAN
URAIAN SUB POKOK BAHASAN
1.
Perkenalan   dan    kontrak belajar
Prosedur perkuliahan, sistem penugasan, sistem penilaian, dan mengakomodasi masukan dari mahasiswa untuk perbaikan silabus.
2.
Berkenalan dengan psikologi
pendidikan
1.   Pengertian psikologi pendidikan.
2.   Manfaat psikologi pendidikan
3.   Kontibusi psikologi pendidikan dan
4.   Ruang lingkup psikologi pendidikan
3.
Hakekat belajar, proses belajar dan ciri-ciri hasil belajar
1.  Hakekat belajar
2.  Proses belajar
3.  Ciri-ciri hasil belajar
4.
Teori-teori Belajar
1.  Pengertian Belajar
2.  Teori belajar, yakni behaviorisme
5.
Teori-teori Belajar
1.  Teori belajar kognitivisme dan
2.   Konstruktivisme.
6.
Perkembangan siswa/
peserta didik
1.  Pengertian Perkembangan
2.  Perkembangan fisik (motorik)
3.  Perkembangan sosial dan moral     
     siswa
3.  Perkembangan kognitif dan  serta 
     arti penting perkembangan
     kognitif bagi proses belajar siswa
7.
Faktor yang mempengaruhi
Belajar
1.  Faktor internal siswa
2.  Faktor eksternal siswa dan
3.  Pendekatan dalam belajar serta 
     alternatif pemecahannya.
8.
Motivasi Belajar
1.  Arti dan pentingnya motivasi
2.  Teori-teori motivasi
3.  Teori  atribusi
9.
 UJIAN  TENGAH   SEMESTER
(Sesuai dengan kesepakatan)
10.




Intelegensi




1.  Pengertian intelegensi, dan ciri-ciri 
     prilaku intelegensi
2.  Hubungan antara intelegensi dan 
     kreativititas
3.  Tes Intelegensi
4.  Perkembangan dan penggunaan 
     tes   intelegensi
5.  Faktor-faktor yg mempengaruhi 
     terhadap perubahan intelegensi
11.
Evaluasi prestasi belajar
1.  Definisi, tujuan dan fungsi evaluasi 
     belajar
2.  Syarat dan ragam evaluasi
3.  Indikator prestasi belajar
4.  Batas minimal prestasi belajar
5.  Evaluasi prestasi kognitif, afektif,  
     dan psikomotor
12.
Bakat
1.  Apakah bakat itu
2.  Siapakah anak-anak berbakat itu
3.  Ciri-ciri anak berbakat
4.  Jenis-jenis bakat
5.  Mengembangkan kemampuan   
     anak   berbakat
6.  Tes bakat
13.
Ingatan dan Lupa
1.  Pengertian  ingatan
2.  Fungsi ingatan
3.  Kelupaan
14.
Berpikir
1.  Berpikir sebagai aktifitas mental
2.  Berpikir dan bernalar
3.  Bahasa dan pikiran
4.  Macam-macam berpikir
15
Konsep Diri
1.  Pengertian konsep diri
2.  Diri sebagai suatu bangunan 
     konsep
3.  Bagaimana konsep diri terbentuk
4.  Proses perkembangan konsep diri
2.  Komponen konsep diri
3.  Pembagian konsep diri
4.  Faktor-faktor  mempengaruhi konsep diri

16.
UJIAN    AKHIR      SEMESTER
(Sesuai Jadwal)


V.  BUKU ACUAN

  1. Djiwandono, Sri Esti Wuryani, 2006, Psikologi Pendidikan, Edisi Revisisi, Jakarta :  Gramedia Widiasarana Indonesia.
  1. Hamzah B. Uno. 2006. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
  1. Syah, Muhibbin. 2002. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya.
  1. Sobur, Alex, 2009, Psikologi Umum, Bandung : Pustaka Setia
  2. Suryabrata, Sumadi, 2001, Psikologi Pendidikan, Jakarta : RajaGrafindo Persada.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best CD Rates