UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
SILABUS BIMBINGAN BUDI PEKERTI
Mata Kuliah : Bimbingan Budi Pekerti
Kode Mata Kuliah : PPB 526
Bobot : 2 SKS
Dosen : Prof. Dr. H. Abin Syamsuddin M.M.A.
Dr. H. Syamsu Yusuf L.N., M.Pd.
Dra. Hj. Euis Farida, M.Pd.
Program Studi : S-1 Bimbingan dan Konseling
Prasyarat : Lulus Pengantar Bimbingan dan Konseling,
Psikologi Perkembangan, dan
Ilmu Sosial Dasar
A. Tujuan :
Mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep-konsep teoretis bimbingan budi pekerti, dan kemampuan untuk mengimplementasikannya dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling.
B. Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini meliputi aspek-aspek landasan, pengertian, tujuan, fungsi dan bidang bimbingan budi pekerti; sumber norma; perkembangan moral (akhlak) dan faktor-faktor yang mempengaruhinya; problematika akhlak (moral) anak, remaja dan dewasa; karakteristik budi pekerti (akhlak); dan program bimbingan budi pekerti.
C. Pengalaman Belajar
Selama mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diwajibkan mengikuti kegiatan:
a. ceramah, tanya jawab, dan diskusi
b. penyajian makalah di kelas
c. pengumpulan data lapangan
D. Evaluasi Hasil Belajar:
Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam:
1. partisipasi kegiatan kelas
2. pembuatan dan penyajian makalah
3. laporan hasil kuliah lapangan
4. UTS dan UAS
E. Uraian Pokok Bahasan Setiap Pertemuan
Pertemuan | Uraian |
I | Membahas silabus perkuliahan dan mengakomodasi berbagai masukan dari mahasiswa untuk memberi kemungkinan revisi terhadap pokok bahasan yang dianggap tidak penting dan memasukkan pokok bahasan yang dianggap penting. Sesuai dengan apa yang dikemukakan dalam silabus pada pertemuan ini dikemukakan pula tujuan, ruang lingkup, prosedur perkuliahan, referensi yang digunakan, dan evaluasi belajar |
II | Membahas landasan bimbingan budi pekerti, yang meliputi sub pokok bahasan : landasan-landasan yuridis, psikologis, sosial budaya, dan agama. |
III | Membahas konsep dasar bimbingan budi pekerti yang meliputi : pengertian, tujuan, dan fungsi bimbingan budi pekerti. |
IV | Membahas bidang-bidang bimbingan budi pekerti : pribadi, sosial, belajar, dan karir. |
V | Membahas sumber dan fungsi norma : (1) norma yang bersumber dari Tuhan, (2) bersumber dari manusia, dan (3) fungsi norma bagi kehidupan manusia. |
VI | Membahas perkembangan moral dari mulai masa kanak-kanak sampai dengan masa dewasa. |
VII | Membahas problematika akhlak (moral) anak, remaja dan dewasa. |
VIII | Ujian Tengah Semester (UTS) |
IX | Membahas faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan akhlak (moral) : faktor internal dan eksternal (lingkungan). |
X | Membahas pengaruh media massa terhadap perkembangan akhlak (moral) individu. |
XI | Membahas karakteristik budi pekerti (akhlak) |
XII | Membahas program bimbingan budi pekerti, yaitu menyusun rumusan program : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) evaluasi dan follow up. |
XIII | Membahas struktur program bimbingan : (1) layanan dasar, (2) layanan responsif, dan (3) layanan perencanaan individual. |
XIV | Membahas struktur program lanjutan, yaitu mengenai dukungan sistem : (1) pemberian layanan, dan (2) kegiatan manajemen. |
XV | Melaksanakan kuliah lapangan, yaitu dengan melakukan (1) observasi, wawancara dan studi dokumentasi ke tempat rehabilitasi narkoba, rehabilitasi anak tuna laras, atau (2) studi kasus tentang anak yang mengalami masalah moral (yang memiliki akhlak kurang baik). |
XVI | Ujian Akhir Semester (UAS) |
F. Daftar Referensi
Abin Syamsuddin Makmun. (2000).Psikologi Kependidikan
Al-Ghazali. (1994). Bimbingan Untuk Mencapai Tingkat Mu’min.
Ali Quthub M. (1998). Sang Anak dalam Naungan pendidikan Islam
Anton M. (Ed.) (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia
Hamzah Ya’qub. (1993). Etika Islam.
Miftah Faridl. (1997). Etika Islam
Rochman N. dan Surya M. (1986). Bimbingan Penyuluhan.
Shertzer & Stone (1971). Fundamental of Guidance
Syamsu Yusuf L. N. (2000). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja
Syamsu Yusuf L. N. (2002). Bimbingan Budi Pekerti
Umar Hasyim. (1983). Cara Mendidik Dalam Islam
Usman Najati. (1985). Al-Quran dan Ilmu Jiwa
Zakiah Daradjat. (1970). Ilmu Jiwa Agama
0 komentar:
Posting Komentar