Sabtu, 26 Februari 2011

RUANG LINGKUP DALAM PSIKOLOGI

KEDUDUKAN PSIKOLOGI UMUM DI DALAM LAPANGAN PSIKOLOGI

 

 

          Psikologi itu sendiri sekarang merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang berkembang dengan pesat. Lapangan atau daerah garapannya menjadi sangat luas. Untuk mengetahui atau mempelajari psikologi abnormal perlu diketahui lapangan psikologi sehingga dapat diketahui kedudukannya. Gerungan (1996) membedakan psikologi atas ;

 

1.   Psikologi teoritis, digolongkan menjadi ;

     A.    Psikologi umum.

        -   Psikologi yang mempelajari, menguraikan, dan menyelidiki berbagai kegiatan  atau aktivitas psikis manusia pada umumnya, antara    lain yakni pengamatan, perasaan, emosi, kehendak, dan motif-motif. Psikologi umum mencari dalil-dalil bersifat umum.

             -  Psikologi yang menyelidiki dan mempelajari kegiatan-kegiatan atau aktivitas- aktivitas psikis manusia pada umumnya yang dewasa, yang normal dan yang beradab.

     B.   Psikologi Khusus

             Psikologi yang menyelidiki dan mempelajari segi-segi kekhususan dari aktivitas-aktivitas psikis manusia. Dari segi-segi khusus itu adalah bermacam-macam antara lain ; psikologi perkembangan, abnormal, sosial, pendidikan, kepribadian, dan lain-lain.

 

             1).   Psi.Perkembangan             

                            Adalah bidang studi psikologi yang mempelajari perkembangan manusia dan faktor-faktor yang membentuk perilaku seseorang sejak lahir sampai lanjut usia. Obyek psikologi perkembangan adalah perkembangan manusia sebagai person, artinya masyarakat hanya merupakan tempat perkembangan perseon tersebut.
                              Psikologi perkembangan berkaitan erat dengan psikologi sosial, karena sebagian besar perkembangan terjadi dalam konteks adanya interaksi sosial. Dan juga berkaitan erat dengan psikologi kepribadian, karena perkembangan individu dapat membentuk kepribadian khas dari individu tersebut.

                                Psikologi perkembangan selain  membicarakan perkembangan  psikis manusia dari masa bayi sampai tua, juga yang mencakup yakni psikologi anak (mencakup masa bayi), psikologi puber dan adolesensi (psikologi muda),  psikologi orang dewasa dan psikologi orang tua.

 

            2).   Psi. Sosial

Psikologi yang mempelajari dalam hubungan dengan situasi sosial. Psikologi yang khusus membicarakan tentang tingkah laku atau aktivitas-aktivitas manusia dalam hubungannya dengan situasi sosial.

             3).    Psi. Pendidikan

                Psikologi yang khusus menguraikan kegiatan-kegiatan atau aktivitas-aktivitas manusia dalam hubungannya dengan situasi pendidikan. Secara garis besar, banyak para ahli yang membatasi pokok-pokok bahasan psikologi pendidikan menjadi tiga macam, yakni;
1.        Pokok bahasan mengenai “belajar”, yang meliputi teori-teori, prinsip-prinsip, dan ciri-ciri khas perilaku belajar siswa , dan sebagainya.
2.        Pokok bahasan mengenai “proses belajar”, yakni tahapan perbuatan dan peristiwa yang terjadi dalam kegiatan belajar siswa
       Misalnya sebagaimana cara menarik perhatian agar pelajaran dengan mudah diterima, bagaimana cara belajar dan sebagainya.

             4).    Psi.  Kepribadian/pstipologi

Psikologi yang khusus menguraikan tentang struktur pribadi manusia sebagai suatu keseluruhan dan jenis-jenis atau mengenai tipe-tipe kepribadian manusia.

             5).   Psi.  Industri dan organisasi

Psikologi industri memfokuskan pada menggembangan, mengevaluasi dan memprediksi kinerja suatu pekerjaan yang dikerjakan oleh individu, sedangkan psikologi organisasi mempelajari bagaimana suatu organisasi mempengaruhi dan berinteraksi  dengan anggota-anggotanya.

             6).   Psi. Abnormal/psikopatologi

Psikologi yang merupakan  salah satu cabang psikologi yang menyelidiki segala bentuk gangguan mental dan abnormalitas jiwa. Psikologi yang menguraikan tentang kegiatan-kegiatan manusia yang berjiwa normal

II.    Psikologi terlaksana/praktis
A.    Psikodiagnostik
Di dalam pemilihan jabatan atau studi, dengan menggunakan cara-cara psikologis, antara lain wawancara, observasi dan tes psikologi, dapat ditentukan struktur kepribadian orang, perkembangan bakat, kecakapannya, struktur inteligensinya dan lain-lain, sehingga dengan pengetahuan ini orang  yang bersangkutan dapat diberi penerangan mengenai jurusan-jurusan studi atau jabatan pekerjaan mana yang paling sesuai dengan minat, bakat, kecakapan yang dimiliki.
      B. Psikologi yang khusus menguraikan kegiatan-kegiatan atau aktivitas-aktivitas manusia dalam hubungannya dengan situasi pendidikan.
Yang dapat terdiri atas usaha-usaha membantu dalam hal-hal ;
-  Seleksi dan penyuluhan calon-calon siswa, mahasiswa
-  Menyelidiki cara-cara pendidikan sebaiknya
-  Mengusahakan cara-cara evalausi yang obyektif
-  Bimbingan dan penyuluhan pelajar/mahasiswa


      C.   Psikologi Industri dan Organisasi
             Yang antara lain terdiri atas usaha membantu dalam hal-hal berikut :
-          Seleksi pegawai/buruh dalam perusahaan
-          Menemukan cara-cara pendidikan terbaik untuk tenaga skilled
-          Memperbaiki lingkungan kerja/buruh
-          Menyelesaikan kesulitan-kesulitan (bentrokan) pegawai/buruh, bimbingan dan penyuluhan
-          Usaha mempertinggi produksi.


Sumber  :
  1.  Ahmadi, Abu, 1998, Psikologi Umum, Jakarta : Rineka Cipta
  2.  Sobur, Alex, 2009, Psikologi Umum, Bandung : Pustaka Setia



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best CD Rates