RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan : 7 sampai dengan 10
Mata pelajaran : IPS Terpadu
Kelas / smt : VIII (Delapan) / 2 (Genap)
Standar Kompetensi : 6. Memahami perantara dan penyimpangan sosial
Kompetensi Dasar : 6.1. Mendeskripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial

A. Tujuan Pembelajaran
1. Menjelaskan pengertian hubungan sosial
2. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi hubungan sosial
3. Menjelaskan bentuk-bentuk hubungan sosial
4. Menjelaskan dampak hubungan sosial dalam masyarakat
B. Materi Pokok
1. Pengertian hubungan sosial
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi hubungan sosial
3. Bentuk-bentuk hubungan sosial
4. Dampak hubungan sosial
C. Skenario Pembelajaran
- Pendahuluan
a. Guru menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari
b. Motivasi siswa agar agar menaruh minat terhadap pelajaran
- Kegiatan inti
a. Tanya jawab tentang pengertian hubungan sosial
b. Diskusi dan tanya jawab tentang faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial
c. Diskusi dan tanya jawab tentang faktor-faktor perhambatan terjadinya hubungan sosial
d. Ceramah bervariasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi hubungan secara umum.
e. Tanya jawab dan diskusi tentang bentuk-bentuk hubungan sosial berdasarkan sifatnya
f. Ceramah bervariasi tentang dampak positip dan negatif hubungan sosial dalam masyarakat
- Penutup
a. Guru menyimpulkan secara ringkas materi yang dipelajari
b. Bersama dengan siswa menyimpulkan dan meluruskan hasil diskusi siswa
c. Post test
D. Media atau Sumber Belajar
1. Buku IPS kelas VIII
2. Buku-buku penunjang yang lain relevan
3. Lembar kerja siswa
4. CD Pembelajaran dan gambar-gambar yang relevan
E. Butir Soal
- Penugasan
Buatlah tabel tentang dampak fositif tentang hubungan sosial dalam masyarakat
· Pilihan ganda
Berikut ini yang bukan ciri hubungan kekeluargaan
a. Rasa solidaritas tinggi
b. Hubungan singkat akrab
c. Berasal dari berbagai hubungan
d. Tidak berdasarkan hubungan resmi
Jawab : c
· Uraian
Tujuan tiga faktor pendorong terjadinya hubungan sosial
Jawab : - Kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidup
- Adanya hasrat berjuang dalam kelompok
- Adanya hasrat untuk hidup bersma
- Adanya hasrat tolong menolong
0 komentar:
Posting Komentar