RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Pertemuan : 11 sampai dengan 14
Mata Pelajaran : IPS Terpadu
Kelas / smt : VIII (Delapan) / 2 (Genap)
Standar Kompetensi : 6. Memahami perantara dan penyimpangan sosial
Kompetensi Dasar : 6.1. Mendeskripsikan perantara sosial dalam kehidupan
sehari-hari

A. Tujuan Pembelajaran
1. Menjelaskan pengertian dan fungsi perantara sosial
2. Mendeskripsikan ciri-ciri perantara sosial
3. Menjelaskan jenis perantara dan pranannya
4. Mengidentifikasikan jenis-jenis perantara pembentukan keperibadian
B. Materi Pokok Pembelajaran
1. Pengertian dan fungsi hubungan sosial
2. Ciri-ciri perantara sosial
3. Jeni-jenis perantara dan peranannnya
4. perantara pembentukan keperibadian
C. Skenario Pembelajaran
- Pendahuluan
a. Guru menyiapkan hal-hal yang berkaitan dengan materi yang akan dibaca
b. Memotivasi siswa agar menaruh minat terhadap pelajaran
- Kegiatan Inti
a. Diskusi tanya jawab tentang pengertian sosial
a. Ceramah bervariasi tentang fungsi laten perananta sosial
b. Ceramah bervariasi tentang fungsi abstrak perananta
c. Diskusi dan tanya jawab tentang ciri-ciri peratara sosial
d. Diskusi dan tanya jawab tentang jenis-jenis perantara sosial da peranannnya
e. Dikusi dan tanya jawab dan perantara pembentuk keperibadian
- Penutup
a. Guru menyimpulkan secara ringkas materi yang dipelajari
b. Guru yang meluruskan hal-hal yang tepat dari hasil diskusi dan memberikan penguatan hasil tanya jawab siswa
c. Guru mengimpormasikan tugas-tugas yang harus dikerjakan di rumah
a. Post test
D. Media atau Sumber Belajar
a. Buku IPS kelas VIII
b. Buku-buku penunjang lain yang relevan
c. Lembar kerja siswa
d. CD Pembelajaran dan gambar-gambar yang relevan
E. Butir Soal
- Penugasan
Amatilah dengan seksama perantara-perantara dilingkungan masyarakat kalian masing-masing. Catatlah ciri-ciri yang menonjol setiap perantara sosial yang kalian temukan dalam tabel. Setelah selesai, persentasekan didepan kelas lalu mintakan nilai kepada bapak atau ibu guru.
- Testulis
· Pilihan ganda
Jenis perantara relevan yang mengawasi adat istiadat dalam masyarakat tersebut
a. Oprative institution
b. Basic institution
c. Regulative institution
d. General insetitution
Jawab : c
· Isian
Perantara pertama dan utama yang membentuk keperibadian anak adalah
· Uraian
Sebutkan tiga peranann atau fungsi perantara atau agama bagi kehidupan manusia
Jawab : - Sebagai pedoman hidup
- Sebagai pengatur manusia beribadah
- Sebagai pedoman keyakinan
- Sebagai pengatur hubungan antar sesama manusia dan lingkungan alam
0 komentar:
Posting Komentar