Jumat, 04 Februari 2011

Metodologi Penelitian Psikologi Perkembangan

1.   Pendekatan yang lebih umum
Pendekatan yang lebih umum mengandung dua pengertian, yaitu memberikan lebih banyak data mengenai keseluruhan perkembangan atau beberapa aspeknya, dan meninjau pengaruh faktor endogen (bawaan) dan oksigen (lingkungan, khususnya kebudayaan) bagi perkembangan seseorang. Di antara pendekatan yang digunakan dalam studi-studi psikologi perkembangan adalah pendekatan kros-seksional, longtudinal, dan kros-budaya.


a).   Pendekatan
Cross-sectional
 Pendekatan Kros-seksional adalah suatu pendekatan yang dipergunakan untuk melakukan penelitian terhadap beberapa kelompok anak dalam jangka waktu yang relatif singkat.
 Dalam pendekatan ini penelitian dilakukan terhadap orang-orang atau kelompok orang dari tingkatan umur yang berbeda-beda.
        Misalnya
Meneliti sekelompok anak berusia 5 tahun, 8 tahun, dan 11 tahun.
 Kelompok anak remaja dan
 Orang dewasa berusia 17 tahun, 25 dan 45 tahun.
 Kelompok variable terikat seperti : IQ, memori, relasi teman sebaya, kedekatan dengan orang tua, perubahan hormon, dan lain-lain.
       Kelebihan
Penelitian yang relatif singkat dan tidak membutuhkan waktu yang lama.
 Melalui pendekatan ini dapat diperoleh pengertian yang lebih baik akan faktor yang khas atau kurang khas bagi kelompok-kelompok yang diperbandingkan.
       Kekurangan
Pendekatan ini tidak memberi informasi tentang bagaimana individu berubah atau tentang stabilitas karakteristiknya. Naik turunnya perkembangan dapat menjadi tidak jelas
        b).   Pendekatan   Longtudinal
 Pendekatan longtudinal adalah pendekatan dalam penelitian yang dilakukan dengan cara menyelidiki anak dalam jangka waktu yang lama.
 Dengan pendekatan ini biasanya diteliti beberapa aspek tingkah laku pada satu/dua orang yang sama dalam waktu beberapa tahun.
       Misalnya
Mengikuti perkembangan seseorang dalam jangka waktu tertentu, seperti selama masa kanak-kanak atau Mengikuti perkembangan seseorang selama masa remaja.
       Kelebihan
Sampel  sedikit, sehingga memungkinkan untuk melakukan analisa terhadap pertumbuhan dan perkembangan setiap individu.
 Memberikan kesempatan untuk menganalisa efek lingkungan terhadap perubahan tingkah laku dan kepribadian
        Kekurangan
Membutuhkan waktu yang lama dan
 Biaya besar
c).   Pendekatan
       Cross-Cultural
Pendekatan Cross-Cultural adalah suatu pendekatan dalam penelitian yang mempertimbangkan faktor-faktor lingkungan atau kebudayaan yang berpengaruh terhadap perkembangan anak.
 Belakangan, pendekatan ini banyak digunakan untuk mengetahui perbedaan-perbedaan atau persamaan-persamaan perkembangan anak pada beberapa latar belakang kebudayaan yang berbeda-beda, baik melalui percobaan, maupun tes pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan pengumpulan data lainnya untuk diolah dan dianalisa persamaan dan perbedaan.  
      Misalnya
Ingin mengetahui tentang besar kecilnya  pengaruh dari faktor sosial, ekonomi, pola pengasuhan dan gaya hidup terhadap ciri kepribadian dan
Perkembangan kognitif


2.  Metode yang lebih spesipik
            Metode yang lebih spesipik adalah cara-cara khusus yang digunakan untuk mengetahui gejala perkembangan yang sedang timbul. Di antara metode spesifik yang digunakan dalam penelitian pesikologi perkembangan adalah : 1). Metode observasi, 2) Metode Eksperimen, 3) Metode Klinis dan 4) Metode Tes


Metode Observasi




















Metode  Observasi
 Metode observasi adalah suatu cara yang dilakukan untuk mengamati semua tingkah laku yang terlihat pada suatu jangka waktu tertentu atau pada suatu tahapan perkembangan tertentu.
 Metode obeservasi ini dapat dibedakan atas dua, yakni:
1).  Observasi Alami (Natural Observasi)
Observasi alami adalah pencatatan data mengenai tingkah laku yang terjadi sehari-hari secara alami/wajar. Jadi dalam pencatatannnya terhadap kehidupan anak tanpa mengubah situasi atau mengontrol dalam sitiasi-situasi yang direncakan.
       Misalnya observasi yang dilakukan kehidupan anak dari  jam sekian sampai jam sekian, apa saja yang dilakukan, mislanya yang berhubungan dengan perkembangan tertentu dilihat  dari aspek  kepribadiannya
2).  Observai terkontrol
       Observasi terkontrol dilakukan bilamana lingkungan tempat anak berada di ubah sedemikian rupa sesuai dengan tujuan penelitian,  sehingga bermacam-macam reaksi tingkah laku anak diharapkan timbul.
       Mislanya; seorang anak yang ingin diketahui  reaksi dan sikapnya terhadap lingkungan pergaulannya, akan diobservasi dilingkungan sosial yang sudah direncanakan.  
Metode Eksperimen
Metode Eksperimen adalah metode penelitian dalam psikologi perkembangan dengan melakukan kegiatan-kegiatan percobaan pada anak.
Penggunaan metode eksperimen dalam penelitian terhadap anak-anak tidaklah mudah, karena anak-anak sangat sugestibel, mudah dipengaruhi, bertingkah laku semuanya, sering sulit diberikan pengertian, dan sukar diketahui dengan jelas apa yang dimaksdudkan oleh anak.
Metode Klinis
Metode Klinis adalah suatu metode penelitian yang khusus ditujukan kepada anak-anak dengan cara mengamat-amati mengajak bercakap-cakap dan tanya jawab.
 Penggunaan metode klinis ini memadukan antara metode observasi dan eksperimen.
Metode Tes
Metode Tes adalah metode yang digunakan untuk mengadakan pengukuran tertentu terhadap objeknya.
Tes merupakan instrumen penelitian yang penting dalam psikologi  kontemporer, yang digunakan untuk mengukur segala jenis kemampuan, minat, sikap dan hasil kerja.
Metode Pengumpulan
Metode pengumpulan data meliputi;
 Angket, yakni : bentuk berupa daftar pertanyaan yang disusun secara sistematis untuk mendapatkan data-data dan informasi dari objek yang akan dipelajari.
 Biografi, yakni : jiwa anak dapat dipahami dengan mempelajari riwayat hidupnya.
 Buku Harian


Sumber  :
  1. Desmita, 2006, Psikologi Perkembangan, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
  2. Zulfli, 2006, Psikologi Perkembangan, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best CD Rates