Mata Kuliah : Perkembangan individu dan Bimbingan
Tujuan Umum:
Mahasiswa tentang konsep dasar perkembangan aspek-aspek, prinsip-prinsip dan periode perkembangan, karakteristik dan tugas-tugas perkembangan, periode-periode perkembangan: masa pra-natal, masa neo-natal masa remaja, masa dewasa dini, masa usia dewasa madya dan masa usia lanjut, berbagai pendekatan bimbingan disesuaikan dengan perkembangan dengan pelayanan bimbingan.
Isi :
Artinya perubahan dalam perkembangan: perkembangan dan pertumbuhan, dasar-dasar permulaan adalah sikap kritis, peran kematangan dan blajar dalam perkembangan. Prinsip-prinsip perkembangan: perkembangan mengikuti pola yang tertuang dapat diramalkan, smua indvidu berbeda, setiap tahap perkembangan mempunyai karakteristik, setiap perkembangan mempunyai resiko, perkembangan dibantu ransangan, perkembangan dipengaruhi oleh perubahan. Periode perkembangan : periode prenatal, periode bayi baru lahir, masa bayi, periode awal masa kanak –kanak, periode akhir masa kanak-kanak ,masa puber , masa remaja,masa dewasa dini, masa dewasa madya, masa dewasa lanjut. Tugas-tugas perkembangan .abnormalitas dan perkembangan.
Pustaka:
- Abu Ahmad,psikologi perkembangan , Renika Cipta,Jakarta 1991
- Agus Suyanto, psikologi perkembangan,Bumi Aksara, Jakarta 1986
- Elizabeth B. Hurlock, psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan, penerbit erlangga, Jakarta 1998.
- Monkis Knors, Siti Rahayu haditono,psikologi perkembangan , pengantar dalam berbagai bagiannya, Gajah Mada Universiti press, 1984
- Sumadi Suryabarat, spikologi perkembangan , penerbit rake sarasih, yogyakarta 1990.
0 komentar:
Posting Komentar