Senin, 28 Februari 2011

Diskripsi Mata Kuliah Perkembangan Individu dan Bimbingan

Mata Kuliah : Perkembangan individu dan Bimbingan
Tujuan Umum:
Mahasiswa tentang konsep dasar perkembangan aspek-aspek, prinsip-prinsip dan periode perkembangan, karakteristik dan tugas-tugas perkembangan, periode-periode perkembangan: masa pra-natal, masa neo-natal masa remaja, masa dewasa dini, masa usia dewasa madya dan masa usia lanjut, berbagai pendekatan bimbingan disesuaikan dengan perkembangan dengan pelayanan bimbingan.

Isi :
Artinya perubahan dalam perkembangan: perkembangan dan pertumbuhan, dasar-dasar permulaan adalah sikap kritis, peran kematangan dan blajar dalam perkembangan. Prinsip-prinsip perkembangan: perkembangan mengikuti pola yang tertuang dapat diramalkan, smua indvidu berbeda, setiap tahap perkembangan mempunyai karakteristik, setiap perkembangan mempunyai resiko, perkembangan dibantu ransangan, perkembangan dipengaruhi oleh perubahan. Periode perkembangan : periode prenatal, periode bayi baru lahir, masa bayi, periode awal masa kanak –kanak, periode akhir masa kanak-kanak ,masa puber , masa remaja,masa dewasa dini, masa dewasa madya, masa dewasa lanjut. Tugas-tugas perkembangan .abnormalitas dan perkembangan.

Pustaka:
  1. Abu Ahmad,psikologi perkembangan , Renika Cipta,Jakarta 1991
  2. Agus Suyanto, psikologi perkembangan,Bumi Aksara, Jakarta 1986
  3. Elizabeth B. Hurlock, psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan, penerbit erlangga, Jakarta 1998.
  4. Monkis Knors, Siti Rahayu haditono,psikologi perkembangan , pengantar dalam berbagai bagiannya, Gajah Mada Universiti press, 1984
  5. Sumadi Suryabarat, spikologi perkembangan , penerbit rake sarasih, yogyakarta 1990.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best CD Rates