Mata Kuliah : Pengantar Pendidikan
Tujuan Umum :
Mahasiswa memahami kependidikan yang meliputi pemahaman mengenai hakekat manusia, hakekat pendidikan, sejarah pendidikan nasional, lingkungan pendidikan, aliran-aliran pendidikan dan sistem pendidikan nasional.
Isi :
Hakekat manusia dan pengembangannya, pengembangan dimensi manusia, hakekat pendidikan, pengertian pendidikan, unsur-unsur pendidikan, pendidikan sebagai system, landasan filosofis pendidikan, sosiologis pendidikan, budaya pendidikan, psikologis, landasan perkembangan atau ilmu pengetahuan dan tekhnologi, asas-asas pokok pendidikan dan penerapannya di sekolah dan luar sekolah, perkiraan masyarakat masa depan dengan perkembangan-perkembangan IPTEK, komunikasi yang padat dan cepat, lingkungan pendidikan, aliran-klasik dan gerakan-gerakan baru dalam pendidikan dan dua aliran pendidikan di Indonesia, masalah-masalah pokok pendidikan dan pananggulangannya, sistem pendidkan nasional, program, pengelolaan dan upaya pembangunan pendidikan Nasional, peranan manusia dan pendidikan dalam pembangunan.
Pustaka:
- Ahmadi,A(1987) pendidikan dari masa ke masa,bandung:CV Armico .
- Bernadib, (1989) pengantar ilmu pendidikan sistematis, Yogyakarta:Andi Ofset
- Dimiyati, M.(1988) Landasan pendidikan suatu pengantar pemikiran keilmuan tentang kegiatan pendidikan. Diperbanyak oleh P2LPT, Depdikbud jakarta.
- Ekosusilo, M. (1988) dasar-dasar pendidikan. Semarang:Effher Offset.
- Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) 1993.
- Noer, D dan Alisyahbana, (Eds). 1988. perubahan pembaharuan, dan kesadaran menghadapi abad ke-21 jakarta PT. Dian Rakyat.
- peraturan pemerintah (PP) tentang Pendidikan Praskolah, Pendidikan Dasar, Pndidikan Menengah, Pendidikan Tinggi, Pndidikan Luar Sekolah, Pendidikan Luar Biasa.
- Dosen FIP-IKIP Malang (1987)Pengantar Dasar-dasar Kependidikan,surabaya Usaha Nasional.
- Suwarno(1981) Penganut Umum Pendidikan,Surabaya,Aksara Baru
0 komentar:
Posting Komentar