Mata Kuliah : Pendidikan Pancasila
Tujuan Umum :
Mahasiswa memahami nilai, dan perilaku yang bersumber pada Pancasila : hakekat Pancasila, filsafat Pancasila, nilai-nilai Pancasila, latihan menganalisis masalah kemasyarakatan berdasarkan pendekatan Pancasilandalam kasus-kasus kehidupan, sejarah perjuangan bangsa Indonesia, Undang-undang Dasar 1945, Garis-Garis Besar Haluan Negara/Propnes 200-2004.
Isi :
Pancasila dan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai system filsafat, Pancasila sebagai system etika dan sumber nilai budaya bangsa, Pancasila sebagai idiologi Nasional dan dasar Negara, Pertumbuhan faham kebangsaan Indonesia, Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dan peristiwa menjelang dan sesudahnya, Pancasila dan kehidupan ketatanegaraan pada masa oral, Pancasila dan kehidupan ketatanegaraan pada masa orba, Pancasila dalam paradigma baru pada era reformasi, Pembukaan, Batang Tubuh, dan Penjelasan UUD 1945, Dinamika pelaksanaan UUD 1945, Amandemen UUD 1945 dan hasil-hasilnya.
Pustaka
1. M. Iqbal Hasan, 2002. Pokok-pokok Materi Pendidikan Pancasila, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
2. Dahlan Thaib, 2001. Teori dan Hukum Konstitusi (edisi Revisi), PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
3. Propenas, 2002-2004, 2001. Penerbit Sinar Grafika Jakarta.
4. UUD 1945 Setelah Amandemen 1 s/d 4, PT. Sinar Grafika, Jakarta.
5. M. Mahfud, 2000. Dasar dan Struktur Ketatanegaraan, Penerbit Rineka Cipta, Yogyakarta.
6. Tim Kajian Amandemen, 2000. Amandemen UUD 1994 Antara Teks dan Konteks dalam Negara yang Sedang Berubah, Penerbit Sinar Grafika, Jakarta.
0 komentar:
Posting Komentar