Senin, 28 Februari 2011

Diskripsi Mata Kuliah Pemahaman Individu II (Tes Intelegensi, Bakat dan Minat)

MataKuliah : Pemahaman Individu II (Tes Intelegensi, Bakat dan Minat)
Tujuan Umum :
Mahasiswa mampu mengadakan pengukuran dan penilaian, Tujuan Umum dan hakekat pengukuran dan penilaian serta mengadministrasi jenis alat ukur psikologis dalam bimbingan, tes intelgensi (Progressive Matrics dan WISC), tes bakat memberikan latihan-latihan terbatas di laboraturium yang terkait dengan tes intelegensi dan tes bakat.

Isi :
Konsep dasar tes dalam bimbingan konseling, kedudukan tes dalam melaksanakan bimbingan dan konseling. Pengukuran dan penilaian dalam pendidikan dan bimbingan: Hakekat pengukuran dalam bimbingan, Pendekatan pengukuran dalam bimbingan, Tujuan Umum pengukuran, Jenis tes dalam bimbingan konseling. Tes prestasi belajar: Tujuan Umum tes, Analisis dan penerapan hasil analisis dalam bimbingan konseling.
Menilai kualitas tes. Tes Intelegensi: Pengertian intelegensi dan sejarah intelegensi, Teori-teori intelegensi, Jenis-jenis tes intelegensi. Pengumpulan dan analisis tes intelegensi: Tes Progressive Matrics (intelegensi struktur tes), WISC, Latihan pengumpulan dan menganalisis data intelegensi. Tes bakat (RMIB): Pengertian dan jenis-jenis tes bakat, Analisis tes bakat (RMIB, GATB), Latihan mengumpulkan dan menganalisis data tes bakat.

Pustaka :
  1. Nurkancana, Pemahaman Individu, Usaha Nasional, Surabaya, 1993
  2. Nurkancana, Evaluasi Pendidikan, Usaha Nasional, 1983
  3. Dewa Ketut Sukardi, Analisis Tes Psikologis, Rineka Cipta, Jakarta, 1977.
  4. Suharno, Testologi-Pengantar, Bina Aksara, Jakarta, 1977.
  5. Dewa Ketut Sukardi, Tes Bakat Anda, Rineka Cipta, 1997.


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best CD Rates