b
Mata Kuliah : Layanan Bimbingan dan Konseling
Tujuan Umum :
Mahasiswa memahami tentang pelaksanaan BK, Program dan mengevaluasi pelaksanaan BK di Sekolah
Isi :
Pendahuluan : Pengertian B, Fungsi BK, Tujuan Umum BK, Azas-azas BK, Jenis-jenis Pelayanan dan Kegiatan BK : Layanan Orientasi, Layanan Informasi, layanan Penempatan dan penyaluran, Layanan Pembelajaran, layanan Konseling perorangan Layanan Bimbingan Kelompok, Layanan Pembelajaran, Layanan konseling kelompok, Pengelolaan Layanan BK : Organisasi pelayanan bimbingan, Personal pelatihan pelayanan bimbingan. Mekanisme kerja, Beban tugas guru pembimbing, Saranan dan prasanarana, Kerjasama Pengawasan. Penyusunan Program BK : Penyusunan Program BK, konsultasi usulan program BK, Penediaan fasilitas (sarana), penyediaan anggaran biaya, Pengirganisasian, Kriteria penilaian keberhasilam program BK, Pola Program BK. Pelaksanaan Program BK : Layanan pengumpulan data, Layanan Konseling, Layanan orientasi dan penyajian informasi, Layanan penempatan, Layanan Rujukan. Evaluasi pelaksanaan BK : Tujuan Umum evaluasi, Metode pendekatan dalam evaluasi pelaksanaan. Prinsip-prinsip evaluasi program BK. Bidang bimbingan dan konseling : Bidang bimbingan pribadi, Bidang sosial, bidang bimbingan belajar, Bidang bimbingan karier.
Pustaka :
- Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah dan Umum, Seri Bimbingan Pemandu Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di sekolah (BK di SMU), Jakarta 1996/1997.
- Sukardi. Drs. Dewa Ketut, Proses Bimbingan dan penyuluhan. Paneka Cipta, tabanan, 1993.
- Sukardi, Drs. Dewa Ketut, Pengantar Pelaksanaan BK di Sekolah, Rineka Cipta, Tabanan, 1996.
- Winkel, W.J.S, M.Sc. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah Menengah, PT. Gramedia Jakarta, 1978.
- Winkel, W.J.S, M.Sc. Bimbingan dan Konseling di institusi Pendidikan, PT. Gramedia Jakarta, 1978.
0 komentar:
Posting Komentar