Matakuliah : Landasan Psikologi Pendidikan
Tujuan Umum :
Mahasiswa mampu membahas masalah-masalah pendidikan dan pengajaran ditinjau dari segi psikologis, kaitan psikologi dengan pendidikan dan pengajaran, model-model psikologi, tingkah laku belajar dan mengajar, strategi pembelajaran :Humanistik, kognitif, Behavioral, Afektif, Gestal, Cooperative Learning, segi/aspek psikologis hubungan guru dan siswa, pengembangan aspek psikologis yang penting dalam pembentukan prilaku beljar, asesmen performansi belajar, serta penelitian psikologi dan aplikasinya dalam pembelajaran.
Isi :
Masalah-masalah pendidikan ditinjau dari segi psikologis. Pergantian dan ruang lingkup psikologi pendidikan. Kaitan psikologi dengan pendidikan dan pengajaran Pandangan psikologi tentang tingkah laku belajar dan mengajar. Strategi pembelajaran. Pendekatan pembelajaran. Aspek psikologis hubungan guru dan siswa. Pengembangan aspek psikologis yang penting dalam pembentukan prilaku belajar. Asesmen performansi belajar.
Pustaka :
- Winkel.WS, Psikologi Pengajaran, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, 1993
0 komentar:
Posting Komentar