Mata Kuliah : Pendidikan Pancasila
Tujuan Umum :
Mahasiswa memahami nilai, dan perilaku yang bersumber pada Pancasila : hakekat Pancasila, filsafat Pancasila, nilai-nilai Pancasila, latihan menganalisis masalah kemasyarakatan berdasarkan pendekatan Pancasilandalam kasus-kasus kehidupan, sejarah perjuangan bangsa Indonesia, Undang-undang Dasar 1945, Garis-Garis Besar Haluan Negara/Propnes 200-2004.
Isi :
Pancasila dan Pendidikan Pancasila, Pancasila sebagai system filsafat, Pancasila sebagai system etika dan sumber nilai budaya bangsa, Pancasila sebagai idiologi Nasional dan dasar Negara, Pertumbuhan faham kebangsaan Indonesia, Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dan peristiwa menjelang dan sesudahnya, Pancasila dan kehidupan ketatanegaraan pada masa oral, Pancasila dan kehidupan ketatanegaraan pada masa orba, Pancasila dalam paradigma baru pada era reformasi, Pembukaan, Batang Tubuh, dan Penjelasan UUD 1945, Dinamika pelaksanaan UUD 1945, Amandemen UUD 1945 dan hasil-hasilnya.
Pustaka
1. M. Iqbal Hasan, 2002. Pokok-pokok Materi Pendidikan Pancasila, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
2. H. Dahlan Thaib, 2001. Teori dan Hukum Konstitusi (edisi Revisi), PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
3. Propenas, 2002-2004, 2001. Penerbit Sinar Grafika Jakarta.
4. UUD 1945 Setelah Amandemen 1 s/d 4, PT. Sinar Grafika, Jakarta.
5. M. Mahfud, 2000. Dasar dan Struktur Ketatanegaraan, Penerbit Rineka Cipta Yogyakarta.
6. Tim Kajian Amandemen, 2000. Amandemen UUD 1994 Antara Teks dan Konteks dalam Negara yang Sedang Berubah, Penerbit Sinar Grafika, Jakarta.
Mata Kuliah : Pendidikan Agama Islam
Tujuan Umum :
Mahasiswa memahami tentang hakekat manusia menurut ajaran agama, pengertian Agama Islam, hubungan sumber ajaran agama, kerangka dasar ajaran Islam Akidah, Syariah, Ahlaq, Taqwa, akal dan ilmu dalam Agama Islam.
Isi :
Manusia dan alam semesta, manusia menurut Agama Islam, agama arti dan ruang lingkupnya, hubungan manusia dengan agama, arti dan ruang lingkup Agama Islam klasifikasi agama dan agama Islam, Agama Islam dan IPTEK, sumber ajaran Islam, arti dan fungsi Al-Hadist, Aqidah, Syariah dan Ahlaq, Tasauf, Filsafat, Praktek pembaharuan, arti dan ruang lingkup Aqidah Islam, malaikat dan makhluk gaib lain, tugas Nabi dan Rasul, Shalawat dan Akherat, makna Qodha dan Qodhar, Syariah dan Fiqih, Tharah, Solat, Zakat, Puasa, Haji, Sistem Kewarisan Islam, Pengertian Ahlaq, Takwa, Hubungan manusia dengan manusia, hati nurani, lingkungan, klasifikasi dan karakteristik Ilmu dan Islam.
Pustaka :
1. Tim MKDU Agama Islam, IKIP Surabaya, Buku Ajar Pendidikan Agama Islam
2. Direktorat Pembinaan Perguruan Tinggi Agama Islam, Dasar-dasar Agama Islam Jakarta, Depag.
3. Razaq Nasruddin, Dienul Islam, Bandung, PT. Al-Ma’arif
4. Kusumaniharja, Supan II Islamica Bogor, IPB
5. Ansori, Endang Saifuddin, Kuliah Al-Islam, Bandung, ITB
Mata Kuliah : Ilmu Budaya Dasar
Tujuan Umum :
Mahasiswa memahami tentang fenomena budaya manusia ditinjau dari berbagai aspek : Historis, Filosofis, Psikologis dan Sosiokultural
Isi :
Mempelajari fenomena budaya manusia ditinjau dari aspek : Historis, Agama, Filosofis, Lingkungan alam semesta, Psikologis, Lingkungan kehidupan social. Melakukan kajian terhadap obyek budaya manusia yang mepiputi : Cinta kasih, tanggung jawab, keindahan, kegelisahan, keadilan, harapan (cita-cita), pandangan hidup.
Pustaka :
1. UT, 1996, Ilmu Alamiah Dasar, PAUT, Jakarta
2. Habib, Mustafa, Nestapa dan Budaya, IKIP Malang
3. Munandar, 1997, Ilmu Budaya Dasar, Surabaya
4. TIM Ilmu Budaya Dasar, 1998, Ilmu Budaya Dasar IKIP Surabaya
Mata Kuliah : Pengantar Pendidikan
Tujuan Umum :
Mahasiswa memahami kependidikan yang meliputi pemahaman mengenai hakekat manusia, hakekat pendidikan, sejarah pendidikan nasional, lingkungan pendidikan, aliran-aliran pendidikan dan sistem pendidikan nasional.
Isi :
Hakekat manusia dan pengembangannya, pengembangan dimensi manusia, hakekat pendidikan, pengertian pendidikan, unsur-unsur pendidikan, pendidikan sebagai system, landasan filosofis pendidikan, sosiologis pendidikan, budaya pendidikan, psikologis, landasan perkembangan atau ilmu pengetahuan dan tekhnologi, asas-asas pokok pendidikan dan penerapannya di sekolah dan luar sekolah, perkiraan masyarakat masa depan dengan perkembangan-perkembangan IPTEK, komunikasi yang padat dan cepat, lingkungan pendidikan, aliran-klasik dan gerakan-gerakan baru dalam pendidikan dan dua aliran pendidikan di Indonesia, masalah-masalah pokok pendidikan dan pananggulangannya, sistem pendidkan nasional, program, pengelolaan dan upaya pembangunan pendidikan Nasional, peranan manusia dan pendidikan dalam pembangunan.
Pustaka:
- Ahmadi,A(1987) pendidikan dari masa ke masa,bandung:CV Armico .
- Bernadib, (1989) pengantar ilmu pendidikan sistematis, Yogyakarta:Andi Ofset
- Dimiyati, M.(1988) Landasan pendidikan suatu pengantar pemikiran keilmuan tentang kegiatan pendidikan. Diperbanyak oleh P2LPT, Depdikbud jakarta.
- Ekosusilo, M. (1988) dasar-dasar pendidikan. Semarang:Effher Offset.
- Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) 1993.
- Noer, D dan Alisyahbana, (Eds). 1988. perubahan pembaharuan, dan kesadaran menghadapi abad ke-21 jakarta PT. Dian Rakyat.
- peraturan pemerintah (PP) tentang Pendidikan Praskolah, Pendidikan Dasar, Pndidikan Menengah, Pendidikan Tinggi, Pndidikan Luar Sekolah, Pendidikan Luar Biasa.
- Dosen FIP-IKIP Malang (1987)Pengantar Dasar-dasar Kependidikan,surabaya Usaha Nasional.
- Suwarno(1981) Penganut Umum Pendidikan,Surabaya,Aksara Baru.
Mata Kuliah : Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling
Tujuan Umum:
Mahasiswa memperoleh pemahaman mengenai konsep dasar bimbingan konsling,mahasiswa memperoleh pemahaman memgenai kedudukan bimbingan konsling dalam sistem pendidikan di indonesia,mahasiswa memperoleh pemahaman mengenai hakekat,fungsi,tujuan umum,perinsip, dan dasar bimbingan konsling di sekolah, mahasiswa memperoleh pemahaman mengenai bimbingan konsling di stting sekolah, mahasiswa memperoleh pemahaman mengenai layanan bimbingan konseling.
Isi:
Hakekat bimbingan dan konsling : pengertian bimbingan dan konsling ,tujuan umum bimbingan dan konsling, hubungan antara bimbingan dan konsling,orientasi layanan bimbingan dan konsling. Landasan piskologi, landasan paedagogis, landasan sosiokultural, landasan ilmu paedagogis, landasan religius perkembangan bimbingan dan konsling, perkembangan di Amerika serikat, perkembangan di indonesia, hubungan antara komponen dalam sistem pendidikan di sekolah : komponen-komponen dalam sistem pendidikan di sekolah, hubungan antara kegiatan pendidikan dengan kegiatan: Administrasi sekolah, pengajarn, bimbingan dan konsling. Prinsip-prinsip bimbingan dan konsling: prinsip-prinsip umum, prinsip khusus terkait dengan konselor, prinsip khusus klien, prinsip terkait dengan organisasi dan administrasi, implikasi prinsip BK dalam layanan BK di sekolah, azas-azas bimbingan dan konseling : kerahasiaan,kesukarelaan,keterbukaan,kelainan,kedinasn,keterpaduan,kehormatan,keahlian,kemandirian. Bimbingan dan konsling sosial budaya : prinsip-prinsip layanan BK yang disesuaikan dengan kondisi sosial budaya masyarakat serta penerapannya, konsep-konsep yang keliru tentang bimbingan dan konsling: bimbingan dan pendidikan, konsling dan psikoterapi, konselor saingan kepalan sekolah, BK untuk anak salah usia, BK untuk sekolah menengah, bimbingan sama dengan nasehat, bimbingan sama dengan kedisiplinan, bimbingan adalah tugas para ahli. Sasaran bimbingan: bimbingan untuk semua siswa, bimbingan bantuan untuk pengambilan keputusan, bimbingan dan keikutsertaan staf sekolah, bimbingan sesuai dengan kemampuan, bimbingan pencegahan, pengembangan dan penyembuhan, ruang lingkup bimbingan dan konseling: bimbingan belajar, bimbingan pribadi, bimbingan sosial, bimbingan karier.
Pustaka :
1. Koester Partowisastro, Bimbingan dan Penyuluhan, Jilid I, II, dan III, Penerbit Erlangga
2. Badan pengembangan Pendidikan-Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,bimbingan dan penyuluhan untuk
PPSP, pengantra kepada playanan bimbingan di sekolah, jakarta 1975
- Prayitno, bimbingan dan konsling, jakarta 1998.
Matakuliah :dasar-dasar pemahaman prilaku
Tujuan umum :
Mahasiswa memahami tentang pengertian, konsep-konsep,prinsip, prinsip,ciri-ciri tingkah laku, aspek-aspek psikologis yang mempengaruhi tingkah laku manusia yang meliputi : pengamatan, perhatian, ingatan, lupa,brfikir, fantasi, emosi dan perasaan, komponen-komponen yang membentuk kebiasaan dan tingkah laku blajar, serta aplikasinya dalam pembelajaran dan bimbingan konsling.
Isi :
Tingkah laku manusia : manusia sebagai mahluk hidup, ciri-ciri tingkah laku manusia, perkembangan tingkah laku. Fungsi psikis manusia : persepsi dan pengamatan, tanggapan, ingatan dan lupa, fantasi, berfikir, kemauan, emosi, motivasi. Individu dan lingkungan : heriditas, lingkungan, faktor yang mempengaruhi kebiasaan belajar: kemampuan individu, lingkungan belajar, gambaran umum tentang teori-teori perilaku.
Pustaka:
- Abu Ahmadi, Psikologi umum (edisi revisi) bina ilmu,surabaya 1992
- Andi Mapiare, Dimensi-Dimensi Psikologi, Usaha Nasional, surabaya 1992
- Agus Suyanto, Psikologi Umum, Bumi Aksara, Jakarta 1995
- F.Patty dkk, Psikologi Umum, Usaha Nasional, surabaya 1982
- Sarlito Wirawan, Pengantar Psikologi Umum, Penerbit Bulan Bintang Jakarta 1976
- Kartini Kartono, Psikologi Umum, Penerbit Mandar Maju Bandung 1996
Mata Kuliah : Perkembangan individu dan Bimbingan
Tujuan Umum:
Mahasiswa tentang konsep dasar perkembangan aspek-aspek, prinsip-prinsip dan periode perkembangan, karakteristik dan tugas-tugas perkembangan, periode-periode perkembangan: masa pra-natal, masa neo-natal masa remaja, masa dewasa dini, masa usia dewasa madya dan masa usia lanjut, berbagai pendekatan bimbingan disesuaikan dengan perkembangan dengan pelayanan bimbingan.
Isi :
Artinya perubahan dalam perkembangan: perkembangan dan pertumbuhan, dasar-dasar permulaan adalah sikap kritis, peran kematangan dan blajar dalam perkembangan. Prinsip-prinsip perkembangan: perkembangan mengikuti pola yang tertuang dapat diramalkan, smua indvidu berbeda, setiap tahap perkembangan mempunyai karakteristik, setiap perkembangan mempunyai resiko, perkembangan dibantu ransangan, perkembangan dipengaruhi oleh perubahan. Periode perkembangan : periode prenatal, periode bayi baru lahir, masa bayi, periode awal masa kanak –kanak, periode akhir masa kanak-kanak ,masa puber , masa remaja,masa dewasa dini, masa dewasa madya, masa dewasa lanjut. Tugas-tugas perkembangan .abnormalitas dan perkembangan.
Pustaka:
- Abu Ahmad,psikologi perkembangan , Renika Cipta,Jakarta 1991
- Agus Suyanto, psikologi perkembangan,Bumi Aksara, Jakarta 1986
- Elizabeth B. Hurlock, psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan, penerbit erlangga, Jakarta 1998.
- Monkis Knors, Siti Rahayu haditono,psikologi perkembangan , pengantar dalam berbagai bagiannya, Gajah Mada Universiti press, 1984
- Sumadi Suryabarat, spikologi perkembangan , penerbit rake sarasih, yogyakarta 1990.
Mata Kuliah : Pendidikan Kewarganegaraan
Tujuan umum:
Mahasiswa memahami tentang konsep-konsep dasar perkembangan aspek-aspek, Mahasiswa mampu mewujudkan nilai dasar kebudayaan serta kesadaran dan bernegara dalam pengetahuan dan seni yang ditanggung jawab kemanusiaan.
Isi :
Pemahaman Dasar : pengertian pendidikan kewarganegraan, Visik dan misi, Dasr hukum , Obyek studi, kompetensi. Hak asasi manusia : pengertian, hak asasi ,manusia dalam UUD 1945, Macam-macam Hask Asasi Manusia, Peghargaan atas HAM dan perlindungan Hukum, Pengadilan Hak Asasi Manusia dan Praktek kebudayaan berbangsa dan bernegara. Hak dan Kewajiban warga Negara Republik Indonesia : Pengertian, Hak dan Kewajiban negara Republik Indonesia dalam UUD 1945, Hak dan Kewajiban negara R.I dalam Praktek kehidupan berbangsa dan bernegara. Demokrasi Pancasila : Makna Bela Negara, Implementasi Bela Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pemilu. Wawasan Nusantara, Tujuan Umum dan fungsi wawasan Nusantara, unsur-unsur wawasan Nusantara, Fungsi ketahanan Nasonal : Arti Ketahanan Nasional, Asaz ketahanan Nasional, Pengarah Lingkungan hidup terhadap Ketahan Nasional dan Strategi Nasional, dalam tri gatra dan panca gatra.
Politik dan strategi Nasional (Polstranas) : Dasar pemikiran, Faktor-faktor yang mempengaruhi, Politik Nasional dan Strategi Nasional, penerapan Poltranas di bidang Hukum, Ekonomi dan Pembangunan Nasional lainnya, pembangunan Daerah / otonomi Daerah
Pustaka :
- Hendarman Rama deraksa. Visi Politik Amandemen UUD 1945 menunju konstitusi yang berkeadilan rakyat, Ysayasan pancur siwah, tahun 2002 Jakarta.
- Kansil C. S. Dkk. Pendidikan kewarganegaraan Negaraan di Perguruan Tinggi, P.T Pradnya paramita tahun 2002, Jakarta
- Sumarsono, dkk, Tim Penyusun, Pendidikan Kewarga Negaraan, P.T Gramedia Pustaka Utama Tahun 2001, Jakarta
- UUD 1945 Hasil Amandemen, Sinar Grafika, Tahun 2002 Jakarta
- Ubaidillah A., Pendidikan kewarga Negaraan Demokrasi, HAM, dan Masyarakat Madani, Psulit, IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Tahun 2000. Jakarta
Mata Kuliah : Ilmu Alamiah Dasar
Tujuan Umum :
Mahasiswa memahami konsep-konsep dasar dalam IPA dan memberikan wawasan pengetahuan, pengertian dan interaksi yang selaras dan disiplin-disiplin ilmu eksaktra dan non eksaktra.
Isi :
Perkenalan dengan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang meliputi : Pengertian dan perkembangan IPA, Perkembangan alam pikiran manusia, Mitos, penalaran dan berbagai cara memperoleh pengetahuan, Metode ilmiah dan langkah-langkah operasionalnya, Perkembangan pengetahuan, dari masa ke masa. Ruang lingkup Ilmu Pengatahuan Alam (IPA) yang meliputi : Kelahiran alam semesta, Masalah tata surya, Bumi, Asal mula kehidupan dui bumi, perkembangan variavelitas mahkluk hidup. IPA dan perkembangan Tekhnologi meliputi : Perkembangan dan konsep teknologi, Penerapan hasil penemuan IPA dalam konsep teknologi, manfaat teknologi bagi kehidupan manusia , perkembangan IPA dan teknologi bagi kehidupan manusia, perbandingan IPA dan teknologi di berbagi negara dalam persfektif sejarah , dampak prkembangan IPA dan teknologi trhadap kehidupan sosial: dampak trhadap pencapaian kemakmuran dan perluasan kemudahan , dampak trhadap pendayagunaan sumber daya alam , dampak terhadap informasi dan komunikasi , dampak trhadap peningkatan kesehatan , dampak terhadap sumber daya manusia, Re-evalusi peranan IPA dan teknologi dalam kehidupan manusia. IPA teknologi dan kelangsungan hidup: usaha mencari sumber daya alam non konvensional, jentera genetika , perluasan ruang hidup dan perluasan informatika, usaha manusia melestarikan hidupnya.
Pustaka :
- Drs.H. Abu Ahmadi dan Ir.A.Supatmo, ilmu alamlah Dasar Penerbit Rineka Cipta.
- Asimov, Issac, IPA dan Perkembangan Teknologi, pentaran lokakarya ketu/koordinator pengajaran Matakuliah Ilmu Alamiah Dasar (IAD) perguruan tinggi seluruh indonesia tanggal 9-14 januari 1983, Desember Bali 1962.
- Amsyari, F, prinsip-prinsip masalah pencemaran lingkungan, Ghalia Indonesia, Jakarta 1977
- Adi Susilo, Sutarjo, JR, Problematika Perkembangan Ilmu, penerbit yayasan kanisium , yogyakarta, 1983
- Darmodjo,H, Buku materi pokok Ilmiah Alam dasar . UT 110/2 Sks/Modul 4-6 Depdikbud Universitas Terbuka 1983/1985
Mata Kuliah : Pendidikan Bahasa Inggris BK
Tujuan Umum:
Mahasiswa menguasai kemampuan dasar membaca dan menterjemahkan materi kuliah berbahasa inggris.
Isi :
Tujuan mumu dan manfaat pempelajari bahasa inggris. Metode dan strategi dalam mempelajari bahasa inggris.
Teknik dan cara membaca yang efektif dan efisen mempelajari gramer bahasa inggris. Latihan menterjemahkan buku-buku teks berbahasa inggris yang berkaitan dengan disiplin Ilmu Teknologi Pendidikan.
Pustaka :
1. Minor,Ed and Herveg. R, Frye 1978, Tecchniques for frefaring visual media, Mc Graw Hill, New york.
2. Hartley,james, Desening Instruction Technicoloas publishing Co. New york.
3. Scmid, William , 1980, Media Center Management, Apractical,Hasting House Publishes , New york.
4. Sharep, pamela J. 1977 , Haw o Prepare for the touple, test all english as a forciquen language, the a haw state University.
Mata Kuliah : Metodologi pengajaran dan Bimbingan
Tujuan Umum :
Mahasiswa mengetahui dan memahami tentang konsep-konsep dan prosedur pengajaran, strategi, metode dan tekhnik pengajaran.
Isi :
Pengertian metodologi pengajaran. Konsep dan prosedur pengajaran. Strategi, metode dan tekhnik pengajaran. Hubungan antara pengajaran dan bimbingan. Sumbangan bimbingan terhadap pendekatan keefektifan pengajaran.
Pustaka :
- Arikunto, S. 1990. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara
- Bondi, J & Jon Wiles. Curriculum Development : A Guide to Practice. Columbus : Merrill Publishing Company.
- Gredler, M.E.1991. Belajar dan pembelajaran.Alih bahasa oleh Munandir. Jakarta : CV. Rajawali dan PAU-UT.
- Joyce, B. & Weil, M. 1980. Models Of Teaching. New Jersey : Penntice-Hall
- Koeswara, E. 1989. Motivasi. Bandung : Angkasa.
- Semiawan, C. Dkk. 1986. Pendekatan Ketrampilan Proses : Bagaimana Siswa Dalam belajar? Jakarta : PT Gramedia.
Mata Kuliah : Belajar dan Pembelajaran
Tujuan umum:
Mahasiswa memahami hakikat blajar dan pembelajarn , teori dan prinsip belajar dan pembelajaran, Prinsip-prinsip pengembangan model belajar dan pembelajaran, prinsip-prinsip penerapan pendekatan-pendekatan blajar dan pembelajaran , media dan sumber blajar dan pembelajaran, evalusi belajar dan pembelajaran, pengelolaan dan dasar-dasar pengembangan alat evaluasi.
Isi :
Pengertian belajar. ciri-ciri belajar. tujuan umum belajar. unsur-unsur dinamis dalam belajar. pengertian pembelajarn.
Ciri-ciri pembelajaran. Tujuan umum dan unsur dinamis dalam pembelajaran. Prinsip-prinsip belajar dan implikasinya. Motivasi belajar. unsur-unsur yang mempengaruhi motivasi belajar. upaya meningkatkan motivasi blajar. Pendekatan CBSA dalam pembelajaran. Pendekatan keterampilan proses. Evaluasi belajar dan pembelajarn. Fungsi dan tujuan umum evaluasi. Sasaran evulasi pembelajaran. Prosedur evaluasi hasil belajar. fungsi dan tujuan umum evaluasi pembelajaran. Sasaran evaluasi pembelajaran. Prosedur evaluasi pembelajaran. Jenis-jenis masalah belajar . cara pengungkapan masalah. Upaya penanganan masalah belajar.
Pustaka :
- Ali, M. (1988) Guru dalam proses belajar, bandung, sinar baru
- Arikunto, S. (1991), Dasar-dasar Evaluasi pendidikan, Jakarta Bina Aksara
- Dahar, RW. (1989) Teori-teori belajar, Jakarta, Penerbit Erlangga.
- Hama;ik, O (1983), Metode belajar dan kesulitan-kesulitan belajar, Bandung, tarsito.
- Hasibuan, JJ. (1988) Proses Belajar Mengajar, bandung, remaja karya
- Hamalik, O (1990), Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Bandung, Citra Additi Bakti
- Joni, T.R. (1984) Pendekatan Cara Belajar Siswa Aktif, Dikbul Jakart.
- Nasution, S (1984) Berbagai Pendekatan dalam PBM, Jakarta Erlangga
- Partowisastro, K. (1986), Diagnosis dan Kesulitan belajar, Jakarta Erlangga
- Semiaan, C.R.dkk (1985) Pendekatan Ketrampilan Proses, Jakarta Gramedia.
Mata Kuliah : Layanan Bimbingan dan Konseling
Tujuan Umum :
Mahasiswa memahami tentang pelaksanaan BK, Program dan mengevaluasi pelaksanaan BK di Sekolah
Isi :
Pendahuluan : Pengertian B, Fungsi BK, Tujuan Umum BK, Azas-azas BK, Jenis-jenis Pelayanan dan Kegiatan BK : Layanan Orientasi, Layanan Informasi, layanan Penempatan dan penyaluran, Layanan Pembelajaran, layanan Konseling perorangan Layanan Bimbingan Kelompok, Layanan Pembelajaran, Layanan konseling kelompok, Pengelolaan Layanan BK : Organisasi pelayanan bimbingan, Personal pelatihan pelayanan bimbingan. Mekanisme kerja, Beban tugas guru pembimbing, Saranan dan prasanarana, Kerjasama Pengawasan. Penyusunan Program BK : Penyusunan Program BK, konsultasi usulan program BK, Penediaan fasilitas (sarana), penyediaan anggaran biaya, Pengirganisasian, Kriteria penilaian keberhasilam program BK, Pola Program BK. Pelaksanaan Program BK : Layanan pengumpulan data, Layanan Konseling, Layanan orientasi dan penyajian informasi, Layanan penempatan, Layanan Rujukan. Evaluasi pelaksanaan BK : Tujuan Umum evaluasi, Metode pendekatan dalam evaluasi pelaksanaan. Prinsip-prinsip evaluasi program BK. Bidang bimbingan dan konseling : Bidang bimbingan pribadi, Bidang sosial, bidang bimbingan belajar, Bidang bimbingan karier.
Pustaka :
- Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah dan Umum, Seri Bimbingan Pemandu Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di sekolah (BK di SMU), Jakarta 1996/1997.
- Sukardi. Drs. Dewa Ketut, Proses Bimbingan dan penyuluhan. Paneka Cipta, tabanan, 1993.
- Sukardi, Drs. Dewa Ketut, Pengantar Pelaksanaan BK di Sekolah, Rineka Cipta, Tabanan, 1996.
- Winkel, W.J.S, M.Sc. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah Menengah, PT. Gramedia Jakarta, 1978.
- Winkel, W.J.S, M.Sc. Bimbingan dan Konseling di institusi Pendidikan, PT. Gramedia Jakarta, 1978.
Mata Kuliah : Psikologi Konseling
Tujuan Umum :
Memahami tentang keberadaan konseling, perkembangan, manfaat, pendekatan dan masalah-masalah dalam konseling.
Isi :
Pemahaman tentang konseling : Pengertian konseling, Hakekat konseling, beberapa kesalahan pengertian konseling, asumsi-asumsi dasar konseling, tipe-tipe konseling, syarat-syarat konselor. Perkembangan profesi konseling : cikal bakal perkembangan konseling di Indonesia, profesionalisme konseling, konseling di berbagai institusi dan sasarannya. Konseling sebagai hubungan mebantu : pengertian hubungan membantu, karakteristik hubungan konseling, tujuan umum konseling, kondisi hubungan konseling, aspekkonselor dalam hubungan konseling, aspek klien dalam hubungan konseling. Pendekatan-pendekatan konseling, masalah-masalah dasar dan etis dalam konseling.
Pustaka :
- Andi Mapiere, PT. Pengantar Konseling dan psikoterapi, PT. Raja Grafindo Persada Jakarta, 1992.
- Rochman Natawijaya, DR. Pendekatan-pendekatan dalam penyuluhan kelompok I, CV. Dipenogoro, Bandung, 1987.
- Gerald Cory, teori dan praktek konseling dan psikoterapi, PT. Eresco, 1988.
- Universitas Muhammadiyah, Psikologi Konseling, Malang, 2001.
- Winkel, W.S., S.J.M.Sc; Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah Menengah, PT. Gramedia, Jakarta : 1978.
Mata Kuliah : Pemahaman Individu 1 (Non Tes)
Tujuan Umum :
Mahasiswa mengetahui dan memahami hakekat, fungsi dan tujuan umum tekhnik non testing, pengetahuan dan cara-cara merancang instrumen non testing, latihan menafsirkan dan menggunakan hasil wawancara hasil inventarisasi data bagi kepentingan pengajaran dan bimbingan, serta latihan-latihan menyelenggarakan instrumen non testing di laboraturium.
Isi :
Konsep dasar inventori dalam Bimbingan dan Konseling : Hakekat dan pengertian inventori, Prinsip dasar inventori, Tujuan umum inventori, Fungsi inventori. Jenis-jenis inventori, pengumpulan data, analisis data, analisis dan penarikan kesimpulan untuk melaksanakan bimbingan : Observasi, Angket, Biografi, Dokumentasi, Sosiometri, Home Visit.
Pustaka :
- Koesteor Partowisastro, Bimbingan dan Penyuluhan, jilid I, II dan III, Penerbit Erlangga, Jakarta 1985.
- Badan Pengembangan Pendidikan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Bimbingan dan Penyuluhan untuk PPSP Pengantar kepada Pelayanan Bimbingan di sekolah , jakarta 1975
- Prayitno, Bimbingan Konseling, jakarta 1998
- Nurkancana, Pemahaman individu , Usaha Nasional , surabaya 1993
Mata Kuliah : Filsafat Pendidikan
Tujuan umum :
Mahasiswa memahami prinsip-prinsip filsafat yang melandasi teori-teori dan praktik pendidikan secara mendalam, kritis dan komprehensif.
Isi :
Pengertian filsafat, cara mempelajari filsafat, pembangunan sistematis filsafat, filsafat logika, filsafat metafisika dan antropologi, filsafat efistimologi, filsafat axiology, etika,estetika, kedudukan dan hakekat filsafat ilmu, perkembangan filsafat ilmu, dasar-dasar ilmu pengetahuan, metode dan berfikir ilmiah, pendekatan dan cara kerja filsafat ilmu.
Pustaka :
- Hasbullah Bukry, Sistimatis Filsafat, (1981) Penerbit Wijaya, Jakarta
- Surya Sumantri, J. (1984) Filsafat Ilmu sebuah pengantar populer ,Sinar Harapan Jakarta
- Imam Haryono, R dan Vercaoh, C.(1991) Filsafat Ilmu Pengetahuan , Gramedia
Mata Kuliah : Profesi KePendidikan
Tujuan umum:
Mahasiswa memahami peranan guru dalam layanan bimbingan dan konseling, Administrasi pendidikan di sekolah, penyikapan guru terhadap tugas-tugasnya, kodeetika profesi keguruan.
Isi :
Konsep tujuan umum dan fungsi bimbingan dan konseling. Orientasi, prinsip, azas-azas dan dasar kode etika layanan bimbingan dan konseling . Organisasi pelayanan BK di sekolah. Program BK di sekolah dan peranan khusus guru. Peranan guru dalam sistem informasi sekolah. Hak kewajiban dan tanggung jawab guru dalam administrasi sekolah. Peranan guru dari sistem informasi dan ketatausahaan sekolah. Sikap guru terhadap tugas-tugasnya di sekolah. Refleksi professional guru terhadap tugas-tugasnya di sekolah. Ciri-ciri profesi keguruan. Kode etika professional guru. Penerapan kode etika keguruan. Organisasi profesi guru. Profil guru sebagai tenaga pendidikan.
Pustaka :
- Amti, E dan Marjohan, (1991) bimbingan dan konseling , P2LPIK, Depdikbud jakarta
- Depdikbud, (1988) perfesionalisasi jabatan guru, Dikti Depdikbud jakarta
- Hermawan, R.S (1979) Etika Keguruan Jakarta, Margi Wahyu
- PGRI, (1979) Landasan dan Pedoman Organisasi PGRI, penerbit khusus PGRI No. 15/1979 jakarta
- Supardi, (1988) Dasar-Dasar Administrasi Pendidikan, P2LPTK Depdikbud Jakarta
- Sutisna, O (1983) Administrasi Pendidikan (Dasar Teknik Untuk Praktik Profisional) Bandung Angkasa.
- UURI No.20/2003, Sistem Pendidikan Nasional
- Usman(1990) menjadi guru yang professional, Bandung PT Remaja Rosakarya
- Winkil.W.S. (1991) Bimbingan dan Konseling di institut pendidikan, jakarta PT. Gramedia.
Mata Kuliah : Problematik Remaja dan Bimbingan
Tujuan Umum :
Mahasiswa mengetahui dan memahami macam-macam masalah remaja sehubungan dengan kondisi kejasmani, kebebasan, pembentukan nilai, peran. Sebagai pria atau wanita, hubungan dengan lawan jenis, hubungan dengan masyarakat, kemampuan fisik dan mental, pekerjaan atau jabatan, dan kemungkinan sebab-sebab timbulnya masalah, dan aplikasinya dalam pelayanan bimbingan dan konseling.
Isi :
Gambaran umum perkembangan remaja. Sumber masalah remaja. Masalah remaja : Masalah dalam perkembangan fisik, Masalah sex, Masalah dengan masayarakat, Masalah dalam hubungannya dengan mental, Masalah hubungannya dengan pekerjaan.
Pustaka :
- Conger & John Janeway. 1991. Adolescence and Youth : psychological development in a channingworld. New York : Harper Collis Pub.
- Gilbert. 1996. Pelacuran dibalik seragam : Sekolah : Tinjauan etikologic terhadap praktek hubungan seksual pranikah. Yogyakarta : Yayasan
- Andi. Gunarso, S. 1987. Psikologi : Anak Bermasalah, Jakarta : BPK Gunung Agung.
- Partosusastro, K. & Hadi, D. 1984. Diagnosa dan Kesulitan Belajar. Jakarta : Erlangga.
- Sudarsono. 1995. Kenakalan Remaja : prevensi, rehabilitasi dan resosialisasi. Jakarta : Erlangga.
- Wijaya, A.N.1985. Masalah Kenakalan Remaja dan Penyalahgunaan Narkotika.
MataKuliah : Konseling Individu
Tujuan Umum :
Memahami tentang konseling, pelaksanaannya, proses, langkah-langkah dan tahapannya dalam proses konseling.
Isi :
Pemahaman tentang konseling : Pengertian dan unsur-unsur konseling, Jenis-jenis wawancara, Ciri-ciri wawancara konseling, Tujuan Umum, Sifat-sifat konseling, Karakteristik konseling, Beberapa faktor yang mendorong konseling, Wawancara konseling perlu dihayati oleh konselor dan klien, Perkembangan konseling sebagai profesi, Kode etik konselor, Prinsip-prinsip konseling, Proses pelaksanaan konseling : Bentuk-bentuk konseling, Fase dan tahap dalam proses konseling, Proses konseling, Sikap dan kemampuan dasar konselor dalam konseling, Kondisi dalam konseling, Tipe 3 M sebagai dasar tekhnik konseling, Kriteria kesuksesan konseling, Pendekatan dan langkah-langkah konseling individual, Tekhnik komunikasi dalam wawancara konseling. Tahapan dalam proses konseling: Pembinaan hubungan yang baik, Pembahasan masalah, Langkah-langkah dalam konseling, Pengambilan keputusan, Penilaian dan tindak lanjut.
Pustaka :
- Alit Suarti, N.K., Diktat Konseling II, IKIP Mataram 1990
- Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Bimbingan dan Penyuluhan untuk PPSP, Jakarta 1975
- Departemen, Program Mengajar V-B Komponen Bidang Studi Bimbingan dan Konseling (Modul unsur-unsur pokok konseling), Universitas Terbuka, 1984/1985
- Rosydan dan Syaiful Imam, Kapita Selekta, Wawancara Konseling, Unit Bimbingan dan Konseling IKIP Malang
- Singgih D.C., Konseling dan Pendekatan dalam Konseling, FKIP-Universitas Udayanan Singaraja.
Mata Kuliah : Bimbingan Konseling Belajar
Tujuan Umum :
Menanamkan pengetahuan dan melatih Mahasiswa tentang masalah belajar dan bimbingan
Isi :
Pengertian belajar. Hakekat bimbingan dan belajar. Masalah-masalah belajar dan kesulitan belajar. Latar belakang masalah dan kesulitan belajar. Diagnosis dan identifikasi siswa yang mengalami masalah belajar/kesulitan belajar. Bimbingan/bantuan terhadap siswa yang mengalami masalah belajar/kesulitan belajar. Ketrampilan dalam memecahkan kasus atau kesulitan belajar siswa melalui konseling.
Pustaka :
- Dantes, Nyoman Drs. Belajar dan Interaksi Belajar Mengajar, Singaraja 1985
- Sulastri Ni Made Dra. Masalah Kesulitan Belajar, Singaraja 1989
- Agoes Soeyanto Drs. Bimbingan ke Arah Belajar yang Sukses, Surabaya 1995
- Koestoer P. Diagnisis dan Pemecahan Kesulitan Belajar, Jakarta 1979.
- Dimyati, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta 2002
- The Liang Gie, Belajar yang Efektif dan Efesien, Jakarta 1989
- Uzer, U. Menjadi Guru Profesional, Bandung 1989
- Thomas, G. Guru yang Efektif, Jakarta 1983
Matakuliah : Bimbingan dan Konseling Karier
Tujuan Umum :
Mahasiswa mengenal urgensi, pengertian, azas atau unsur dan prinsip Bimbingan Konseling Karier. Memahami kaitan antara perkembangan individu pilihan pekerjaan. Menguasai teori-teori Bimbingan Karier dan konsep perkembangan pilihan pekerjaan. Menguasai konsep dan dinamika dunia kerja. Menganalisis jenis-jenis pekerjaan Melaksanakan wawancara konseling Kaerier dengan beberapa pendekatan Konseling Karier.
Isi :
Pengertian, Azas dan prinsip-prinsi Bimbingan dan Konseling Karier. Perkembangan Individu dan pilihan Konsep GINZBEG, BUHLER dan HAVIGHUST Konsep Perkembangan dan Pemilihan Karier. Dinamika dunia kerja, dan analisis pekerjaan, terutama dilihat dari segi ruang lingkup pekerjaan, Pernyataan, Job diskription situasi dan kondisi kerja jenis-jenis pekerjaan dan persiapan diri masuk dunia kerja. Pendekatan Konseling Karier dengan menggunakan Model-model: Trait dan Faktor, Berpusat pada klien, psikhodinamika, Depelopmental, Behavioral.
Pustaka :
- DEPDIKBUD, Panduan pemilihan program studi PT, lembaga informasi Yayasan Wirakarsa, 1990
- DEPDIKBUD, Bekerja dimana setelah tamat SMA. Jakarta 1985
- Erman Amti, Drs. Konseling suatu pendekatan berdasarkan ketrampilan, Graha Indonesia Tahun 1983.
- E.A. Muntro, R.J. Manthei, JJ Small, Counseling, A Skill Aproach, 1979
- Mortensien, Guidance in to clays school, 1966
- Sukardi, Drs. Dewa Ketut, Pengantar Teori Konseling, Graha Indonesia, 1984.
- Sukardi, Drs. Dewa Ketut, Penggunaan Tes dalam konseling karier, Usaha Nasional, Surabaya, 1944
- Sukardi, Drs. Dewa Ketut, Bimbingan Karier di Sekolah-sekolah, Graha Indonesia, Jakarta 1989.
- W.S. Winkel, Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan, PT. Gramedia Jakarta, Tahun 1981.
Mata Kuliah : Pengantar Psikologi Kepribadian
Tujuan Umum :
Mahasiswa memahami pengertian Psikologi Kepribadian secara luas dan mendalam Dapat melakukan penelitia dan penilaian dalam konteks Psikologi Kepribadian Memahami Tipologi Psikologi Kepribadian secara umum, berdasarkan Konstitusi Phisis, Tempramen (Psikis) dan Kebudayaan Memahami kepribadian sebagai dasar perbedaan individual.
Isi :
Pendahuluan : Pengertian Kepribadian, Latar Belakang Sejarah Psikologi Kepribadian, Teori-teori Kepribadian, Komponen-komponen teori Kepribadian, Kedudukan Psikologi Kepribadian dalam Ilmu Psikologi, Kriteria untuk mengevaluasi teori-teori kepribadian. Tipologi : Riwayat singkat sebelum Psikologi Kepribadian, Hubungan antara karakter dan bakat, Hubungan antara tempramen, Karakter dan bentuk jasmani, Beberapa jenis Tipologi. Tipologi Berdasar Kebudayaan : Pengertian, Tipologi Raisman, Tipologi E.Spranger, Tipologi W & E Yaensch. Filsafat logika : Pendekatan Trait, Pendekatan Psikoanalitik, Pendekatan Belajar Sosial, Pendekatan Fenomenologis, Pendekatan Humanistik. Kepribadian dan Perbedaan Individual : Perkembangan Kepribadian, Faktor-faktor yang mempengaruhi pribadi manusia, Manfaat pengetahuan tentang psikologi kepribadian, Hambatan-hambatan yang ada dalam Psikologi Kepribadian.
Pustaka :
1. Agus Sujanto, Halem Lubis, Taufik Hadi, Psikologi Kepribadian, Bumi Aksara, Surabaya, 1981
2. Atkonson, Smith, Bem, Pengantar Psikologi Jilid 2, Inter Aksara, Jakarta, 1996.
3. Kaplan & Saddock, Sinopsis Psikiatri (Ilmu Pengetahuan Perilaku Psikiatri Klinis) Jili2, University Medical Centre, New York, 1994
4. Larry A. Hjelle, Daniel J. Ziegler; Personality theories, McGraw-Hill International Edition, 1992
5. Robert S. Feldman, Elements Of Psychology, McGraw-Hill International Edition, 1992
6. Sumadi Suryabrata, Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa, Airlangga University Press, Surabaya, 1980.
Mata Kuliah : Ketrampilan Dasar Komunikasi BK dan Konseling Mikro
Tujuan Umum :
Mahasiswa mengetahui dan memahami fungsi dan proses komunikasi antar pribadi, faktor-faktor yang menunjang dan menghambat dalam komunikasi, komunikasi verbal dan non verbal, segi psikologis komunikasi, analisis transaksi, konsep dan tekhnik-tekhnik komunikasi dasar dalam konseling : attending, responding, reflecting, dan initiating yang dipadukan dengan ketrampilan opening, structuring, accepting, testament, clarification, clarification of feeling, reflection of experoence, sharing of experience, leading, confrontation, reassurance, dan terminating.
Isi :
Pengertian komunikasi dan konseling mikro. Model-model komunikasi. Tujuan Umum dan proses konseling mikro. Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam komunikasi antar pribadi : Citra diri, Citra pihak lain, Lingkungan fisik, Lingkungan sosial, Kondisi. Konsepsi psikologi dalam komunikasi : Teori prilaku manusia, Faktor yang mempengaruhi perilaku manusia, Komunikasi Intrapersonal. Pembukaan diri Membangun kepercayaan. Komunikasi non verbal. Komunikasi secara verbal : Taraf komunikasi, Komunikasi efektif, Mendengarkan sambil memahami, Persepsi yang efektif, Mendengarkan sambil memahami, Persepsi yang efektif dalam mendengar dan memahami, Memahami sudut pandang orang lain. Mengungkapkan perasaan. Saling menerima dan mendukung. Analisis transaksi : Pengertian, Analisis struktur, Analisis transaksi, Analisis permainan, Analisis naskah.
Konflik dalam hubungan antar pribadi. Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam komunikasi antar pribadi. Konsep dan ketrampilan dalam konseling: Attending, Responding, Reflecting, Opening, Structure, Acceptance, Restament, Clarifcation, reflecting of feeling, reflection of experience, Sharing of experience, Lending, Confrontation, Reassurance, Advice dan Terminating. Berlatih dengan menggunakan tekhnik-tekhnik komunikasi dasar konseling
Pustaka :
- Brock, L.I : & Fawcett, S.B.1982. Learning Counseling and Problem Solving Skills. New York: The Hawarth Press.
- Brammer, L.M & Shostrum, E.L. (1982). Theraptic Psychology: Fundamentals of Counseling and Psychoterapy. Englewood Cliffs: Prentice Hall
- Cormier, H & Cormier, L. 1985. Interviewing Strategies for Helpers: Fundamental Skills and Cognitive Behavioral interventions. Monterey, California: Books/Cole Publishing Company.
- Hackney, . & Cormier S. 1984. Counseling Strategies and Interventions. Boston: Allyn & Bacon.
- Manro, B.A dkk. 19f33. Konseling: Suatu Pendekatan Ketrampilan. Alih bahasa Erman Amti. Jakarta: Ghalia Indonesia.
MataKuliah : Pemahaman Individu II (Tes Intelegensi, Bakat dan Minat)
Tujuan Umum :
Mahasiswa mampu mengadakan pengukuran dan penilaian, Tujuan Umum dan hakekat pengukuran dan penilaian serta mengadministrasi jenis alat ukur psikologis dalam bimbingan, tes intelgensi (Progressive Matrics dan WISC), tes bakat memberikan latihan-latihan terbatas di laboraturium yang terkait dengan tes intelegensi dan tes bakat.
Isi :
Konsep dasar tes dalam bimbingan konseling, kedudukan tes dalam melaksanakan bimbingan dan konseling. Pengukuran dan penilaian dalam pendidikan dan bimbingan: Hakekat pengukuran dalam bimbingan, Pendekatan pengukuran dalam bimbingan, Tujuan Umum pengukuran, Jenis tes dalam bimbingan konseling. Tes prestasi belajar: Tujuan Umum tes, Analisis dan penerapan hasil analisis dalam bimbingan konseling.
Menilai kualitas tes. Tes Intelegensi: Pengertian intelegensi dan sejarah intelegensi, Teori-teori intelegensi, Jenis-jenis tes intelegensi. Pengumpulan dan analisis tes intelegensi: Tes Progressive Matrics (intelegensi struktur tes), WISC, Latihan pengumpulan dan menganalisis data intelegensi. Tes bakat (RMIB): Pengertian dan jenis-jenis tes bakat, Analisis tes bakat (RMIB, GATB), Latihan mengumpulkan dan menganalisis data tes bakat.
Pustaka :
- Nurkancana, Pemahaman Individu, Usaha Nasional, Surabaya, 1993
- Nurkancana, Evaluasi Pendidikan, Usaha Nasional, 1983
- Dewa Ketut Sukardi, Analisis Tes Psikologis, Rineka Cipta, Jakarta, 1977.
- Suharno, Testologi-Pengantar, Bina Aksara, Jakarta, 1977.
- Dewa Ketut Sukardi, Tes Bakat Anda, Rineka Cipta, 1997.
Mata Kuliah : Organsisasi dan Manajemen BK
Tujuan Umum
Supaya memahami pengetahuan dan ketrampilan dalam organisasi dan administrasi Bimbingan
Isi :
Hakekat dan Azas OAB. Pola organisasi Bimbingan Mahasiswa administrasi Bimbingan. Penyusunan Program Bimbingan. Kerja sama konselor dengan kepala sekolah. Kerja Sama konselor dengan ornag tua. Kerjasama konselor dengan konsleor profesionalnya. Kerjasama kenselor dengan lembaga masyarakat. Pengorganisasian layanan Bimbingan. Supervisi BK. Berlatih menyusun program BK.
Pustaka :
- Sukardi Dewa Ketut, Drs. Proses Bimbingan dan Penyuluhan, Rineka Cipta, Tabanan, tahun 1993.
- ______, Organisasi dan Administrasi Bimbingan, Rineka Cipta Dekanan, Tahun 1984
- Djumhur I, Drs. Moh. Surya, Bimbingan dan Penyuluhan di sekolah, CV Ilmu, Bandung, Tahun 1975
Mata Kuliah : Bimbingan dan Konseling Kelompok
Tujuan Umum :
Memahami tentang kegiatan dalam kelompok baik dalam bentuk bimbingan maupun konseling
Isi :
Pemahaman tentang kelompok : Pengertian kelompok dan kerumunan, Fungsi dan manfaat kelompok. Hakekat kelompok, Macam-macam kelompok. Berdasarkan Tujuan Umum, Berdasarkan sifat-sifat kelompok. Karakteristik kelompok. Interaksi sosial dalam kelompok. Semangat dan produktifitas kelompok. Kepemimpinan dalam kelompok. Bimbingan kelompok : pengrtian bimbingan kelompok, pentingnya bimbingan kelompok, tujuan umum bimbingan kelompok, peranan penyuluh sebagai pemimpin kelompok, bentuk-bentuk bimbingan kelompok. Bimbingan imformative dan kegiatan kelompok: pemberian informasi. Perogram home room program pengajaran remidian , karya wisata, diskusi, belajar dan bekerja kelompok, peramuka, klub dan organisasi siswa konsling kelompo; pngertian konsling kelompok, bebrapa pendekatan konseling kelompok, tujuan umum manfaat dan keterbatasan konsling kelompok, struktur dalam konsling kelompok, tahapan konsling kelompok, faktor kuratif, konselor, ko-konselor dan kelien, peroses kelompok dan pelaku anggota interaksi dalam kelompok, bermain peranan (Role Playing), pendekekatan-pendektan konseling kelompok. Konsep dasar BK Kelompok : perebdaan antara bimbingan Kelompok dengan konseling kelompok, perbedaan antara konseling kelompok dengan psikoterapi kelompok, perbedaan antara bimbingan kelompok dengan psikoterapi kelompok.
Pustaka :
- Gerald Garey, Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi PT Eresco Bandung, 1988
- Latipun Fakultas Psikologi, Psicologi Konseling, Universitas Muhammadiyah Malang, 2001
- Rasyidin, Prof, Drs.MA, Modul Pendekatan-pendekatan kelompok, FIP IKIP, Mataram, 1994
- Rahman Natawijaya, DR, Pendekatan-pendekatan dalam penyuluhan kelompok I, CV. Diponogoro, Bandung, 1987.
- Nana Sy Sukma, Drs: Teori dan Teknik Bimbingan Kelompok, FIP-IKIP Bandung, 1997
Mata Kuliah : Bimbingan Karier di Sekolah
Tujuan Umum:
Mahasiswa memahami dasar, hakekat; Tujuan Umum dan prinsip Bimbingan Karier di Sekolah, Menyusun perencanaan karier. Mengenai faktor menghambat dan penunjangnya. Menguasai bimbingan pada tiap jenjang sekolah. Merencanakan persiapan, pelaksanaan dan sarana dan prasarana Bimbingan Karier di Sekolah Membuat satuan Layanan Bimbingan Karier.
Isi :
Dasar, akibat, Tujuan Umum dan prinsip-prinsip Bimbingan Karier. Faktor-faktor penunjang dan Penghambat Bimbingan Karier. Program Bimbingan Karier di Sekolah. Pelaksanaan Program Karier. Sarana Pelaksanaan Bimbingan Karier di Sekolah. Kegiatan-kegiatan Bimbingan Karier. Bimbingan Karier dengan sistem paket. Pelaksanaan Bimbingan Karier di Sekolah. Pelaksanaan Bimbingan Karier dengan pendekatan kelompok.
Pustaka :
- Agus sutiksna, Bimbingan Karier dengan Lemabaran Kegiatan Siswa (LKS), P.T. Intan Parawira, 1988
- Attia Mahmud Hana, Prof. DR. Bimbingan Pendidikan dan Pekerjaan, Bulan Bintang, Jakarta, 1978.
- Hattari, Suatu Strategi Bimbingan Karir Dengan Pendekatan “Developmental”, Depdikbud, Jakarta, 1981.
- Semiawan, Prof. DR. Ny Cony, Bimbingan Karir di Sekolah-sekolah, Halia Indonesia, Jakarta, 1989.
- Kartini, Menyiapkan dan Memandu Karir, CV Rajawali, Jakarta, 1985.
- W.S.WINKEL, Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan PT. Gramedia, Jakarta, 1981.
MataKuliah: Psikologi Kepribadian
Tujuan Umum:
Mahasiswa memahami teori-teori kepribadian dalam berbagai perspektif. Memahami kepribadian sepanjang kehidupan manusia. Memahami keterkaitan antara keribadian dan keluarga. Memahami gangguan-ngangguan dalam kepribadian. Memahami terjadinya perubahan dalam kepribadian.
Isi :
Teori Kepribadian dalam Perpektif, Psikodinamika dan Psikoanalisa (Sigmund Freud, Alfred, C.Jung), Psikolgi Ego dan Hubungannnya (Erik Ericson, Erich Fromm, Karen Horney), Perilaku Belajar (B.F. Skiwer) Sosial Kognitif (Albert Bandura, Julian Rotter), Kognitif (George Kelly), Humanistik (Abraham Maslow), Psikologi Individu (G.W. Alport). Kepribadian Sepanjang Kehidupan Masa Anak-anak : Pembentukan Kepribadian, Kepribadian dan Keluarga: Pendidikan keluarga sebagai peletak dasar pembentukan kepribadian anak, Fungsi Bathin terhadap pembentukan kepribadian, Kedudukan anak dalam keluarga dan kepribadiannya, Gangguan Kepribadian: Faktor Genetis, Faktor tempramental, Faktor Biologis, Faktor psikoanalitis. Perubahan Kepribadian : Kinerja kondisi medis umum, Selamanya setelah pengalaman menakutkan, Setelah penyakit psikiatrik. Studi Kasus Kepribadian.
Pustaka :
- Agus Sujanto, Helem Lubis, Taufik Hadi, psikologi Kepribadian, Bumi Aksara, Surabaya, 1981.
- Atkinson, Smith, Bem, Pengantar Psikologi, Jilid 2, Inter Aksara, Jakarta, 1996.
- Kaplan & Saddock, Snopsis Psikiatri (Ilmu Pengetahuan Perilaku Psikiatri Klinis), Jilid 1, University Medical Centre, New York, 1994.
- Kaplan & Saddock, Snopsis Psikiatri (Ilmu Pengetahuan Perilaku Psikiatri Klinis), Jilid 2, University Medical Centre, New York, 1994.
Matakuluiah : Psikologi Abnormal
Tujuan Umum :
Mahasiswa mengetahui dan memahami keadaan kesehatan mental yang sehat, penyesuian mental yang sehat, Gejala-gejala penyimpangan perilaku.
Isi :
Pengertian dan Konsep-konsep Kesehatan Mental. Sejarah Kesehatan Mental. Sikologi Abnormal dan Hubungannya dengan Bimbingan Konseling. Faktor Hereditas, lingkungan kehidupan dan kematangan terhadap perilaku Abnormal. Jenis-jenis Neurosa, Jenis-jenis sikosa, Kecanduan obat, Alkoholisme, Kedudukan Psikologi Abnotmal. Dinamika tingkah laku Abnormal, Klasifikasi Abnormal. Beberapa pendekatan dalam psikologi abnormal.
Pustaka :
- Gilbert. 1996. Pelacuran di Balik Seragam Sekolah : Tinjauan Etilogic Terhadap Praktek Hubungan Seksual Pranikah, Yogyakarta : Yayasan.
- Andi. Gunarso, S. 1987. Psikologi Anak Bermasalah. Jakarta : BPK Gunung Agung
- Partosusastro, K & Hadi, S. 1984. Diagnosa dan Kesulitan Belajar. Jakarta : Erlangga.
- Sebald, Hans. 1984. Adolescence a social psychological analysis. New Jersey: Prentince-Hall inc.
- Sudarsono. 1995. Kenakalan Remaja: Prevensi, Rehabilitasi dan Rasionalisasi. Jakarta: Rineka Cipta.
- Wijaya, A.N. 1985. Masalah Kenakalan Remaja dan Penyalahgunaan Nartokita Bandung : Armico.
Matakuliah : Layanan BK Diperluas
Tujuan Umum :
Mahasiswa memahami perubahan perilaku melalui konseling dalam kehudupan sehari-hari baik mellui konseling keluarga, perkawinan remaja, karier dan penghargaan terhadap kesehatan mental.
Isi:
Pengubahan Perilaku : konsleing untuk perubahan perilaku, Faktor-faktor yang mempengaruhi; eksternal, Internal. Konsleing Keluarga: Pengertian, Masalah-masalah keluarga, Pendekatan, Tujuan, Tujuan Umum, Bentuk, Peranan Konselor, Proses dan Tahapan konseling keluarga, Kesalahan umum dalam konseling keluarga. Konseling Perkawinan dan Pranikah: Pengertian, Perbandingan konseling perkawinan dan pranikah, Permasalahan perkawinan, Asumsi-asumsi konseling perkawinan, Tipe-tipe konseling; perkawinan, Peranan konselor, Langkah-langkah konseling, Kesulitan dan keunggulan konseling perkainan, Konseling Pranikah, Aspek yang perlu di Assessment, Prosedur konseling Pranikah. Konseling Remaja: Ciri-ciri Remaja, Masalah-masalah yang dialami pada masa remaja, Keadaan emosi remaja, Faktor-faktor penyebab pertentangan remaja dengan keluarga, Tujuan Umum konseling remaja. Konseling karier: pengertian, sejarah perkembangan konseling karier, Tujuan umum konseling karier, peranan konseling dalam pendidikan, ruang lingkup konseling karier, peranan konseling dalam pendidikan, ruang lingkup konseling karier, manfaat konseling karier. Pengaruh Pendidikan terhadap kesehatan mental.
Pustaka:
- Agus S., Halim L,. Taufik H., Psikologi Kepribadian, Aksara Baru, Jakarta, 1980.
- Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Program Akta Mengajar V-B Komponen Bidang Studi Bimbingan dan Konseling, Unsur-unsur Pokok Konseling Karier, Universitas Terbuka,m1984/1985.
- Hanafi M., Perkawinan Hubungan dan Kesehatan Jiwa, Usaha Nasional
- Munro, EA, Rj. Manthei, J.J. Small, Penyuluhan (Konseling) Suatu Pendekatan Berdasarkan Ketrampilan, Balai Aksara, 1979
- Universitas Muhammadiyah Malang, Psikologi Konseling, 2007
- Zakiyah Daradjat, Kesehatan Mental, Gunung Agung, Jakarta
MataKuliah : Pemahaman Individu III (Tes Kepribadian & Minat)
Tujuan Umum :
Mahasiswa mengetahui dan memahami azas penyelenggaraan pengukuran psikologis untuk keperluan bimbingan. Penyelenggaraan dan latihan-latihan, terbatas di laboraturium-laboraturium dalam memberikan tes/pengkuran psikologi, menafsirka data hasil tes dan menggunakan hasilnya dalam bimbingan dan konseling. Pengukuran mengadministrasian tes kepribadian.
Isi :
Hakekat Tes dalam Bimbingan Konseling. Etika Penggunaan Tes dalam Layanan Bimbingan Konseling. Jenis tes dalam Layanan Bimbingan Konseling. Jenis Tes yang digunakan dalam Bimbingan Konseling Pengukuran Kepribadian: Hakekat Kepribadian, Aspek-aspek Kepribadian Tes Proyeksi (EPPS). Assessment Penyesuaian Sosial. Assessment Sikap.
Pustaka:
- Nurkancaka, Pemahaman Individu, Usaha Nasional, Surabaya, 1993
- Nurkancaka, Evaluasi Pendidikan, Usaha Nasional, Surabaya, 1993
- Nurkancaka, Pengukuran Kepribadian, Usaha Nasional, Surabaya, t.th
- Dewi Ketut Sukardi, Analisis Tes Kepribadian, Rineka Cipta, Jakarta, 1977
Matakuliah : Landasan Sosial Budaya & Bimbingan
Tujuan Umum:
Agar mahasiswa faktor-faktor sosial Budaya yang melandasi (mempengaruhi) pemikiran dan Praktek Bimbingan, memahami Peranan dan sumbangan bimbingan bagi perubahan-perubahan (perkembangan) masyarakat khususnya di bidang pendidikan.
Isi:
Faktor-faktor sosial budaya yang melandasi (mempengaruhi) pemikiran dan praktek bimbingan. Hubungan pendidikan dan bimbingan serta masyarakat. Landasan-landasan pendidikan (bimbingan). Pengaruh lingkungan sosial budaya terhadap kepribadian (tingkah laku) subek bimbingan, nilai-nilai dan bimbingan. Peranan atau sumbangan bagi perubahan (perkembangan) masyarakat khususnya di bidang pendidikan.
Pustaka :
- TB.B.Rivai, Pembangunan Pendidikan di Indonesia.
- Munandar, Penyebaran dan Atus Murid Sekolah Menengah Sebagai Fungsi Prestasi Akademik dan Status Sosial Ekonomi, Disertasi, IKIP Malang, 1993
- Polak JBAF, Sosiologi Buku Pengantar Ringkas, PT. Ikhtia Baru Jakarta 1973
- Wila Huky, Pengantar Sosiologi, PT. Usaha Nasional Surabaya, 1982
- Badan penelitian & Pengembangan P & K, Bimbingan & Penyuluhan untuk PPSP, Jakarta, 1975
Matakuliah : Penilaian Pendidikan dan Bimbingan
Tujuan Umum:
Mahasiswa mampu memahami program Layanan bimbingan dan Konseling, mampu untuk melaksanakan penilaian terhadap program dan kegiatan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah
Isi :
Pengertian dan prosedur penilaian kemampuan layanan bimbingan Konseling dan, Program Umumnya. Model-Model Penilaian. Rancangan Kuantitatif dan Kualitatif. Penilaian pendidikan dalam Bimbingan dan Konseling. Melaksanakan latihan penilaian terhadap program dan kegiatan dan konseling di Sekolah
Pustaka:
- Nurkancana Wayan Drs, Evaluasi Pendidikan, Usaha Nasional, Surabaya 1981
- Janhur Drs, pengantar Bimbingan Penyuluhan, Jakarta 1981
Matakuliah : Program PPL
Tujuan Umum:
Mahasiswa mampu mempraktekkan ketujuh jenis layanan Bimbingan dan Konseling dan lima macam kegiatan penting.
Isi :
Persiapan Praktek melaksanakan layanan Bimbingan konseling yang terdiri dari Tujuh jenis Layanan Bimbingan Konseling dan Lima Macam Kegiatan pendukung yang terdiri atas : Jenis Bimbingan Konseling; Layanan Orientasi, Layanan Informasi, Layanan Pembelajaran, Layanan Konseling Perorangan. Layanan Penempatan, Layanan Bimbingan Kelompok, Layanan Konseling Kelompok. Kegiatan Pendukung: Kegiatan Himpunan Data, kegiatan Implementasi instrumen Bimbingan, kegiatan Home Visit (Kunjungan Rumah), Kegiatan Konfrensi Kasus (Pertemuan Kasus), Kegiatan Rferal (Rujuk). Praktek melaksanakan Layanan Bimbingan Konseling yang meliputi empat bidang Bimbingan : Bimbingan Pribadi, Bimbingan Sosial, Bimbingan Belajar, Bimbingan Karier.
Pustaka:
- Agus S., Halim L. Taufik H. Psikologi Kepribadian, Aksara baru, Jakarta, 1980
- Departemeb pendidikan dan kebudayaan, program Akta mengajar V-B Komponen Bidang Studi Bimbingan dan Konseling, Unsur-unsur Pokok Konseling Karier, Universitas Terbuka, 1984/1985
- Hanafi M., perkawinan Hubungan dan Kesehatan Jiwa, usaha Nasional
- Munro, EA, RJ. Manthei, J.J. Small, Penyuluhan (Konseling) Suatu Pendekatan Berdasarkan Ketrampilan, balai Aksara, 1979
- Universitas Muhammadiyah malang, Psikologi Konseling, 2001
- Zakiyah Daradjat, Dr. Kesehatan Mental, Gunung Agung, Jakarta.
Matakuliah : Statistik Pendidikan I
Tujuan Umum :
Mahasiswa konsep dan ruang lingkup statistik, menyajikan data dalam bentuk tabel, granik, bagan dan kurva, membahas konsep dan latihan dalam aplikasi dan menafsirkan itendensi sentral, membahas konsep dan latihan dalam aplikai dan menfsirkan itendensi sentral, variabilitas dan pengukuran standar.
Isi:
Membahas konsep dan ruang statistik. Penyajian data dalam bentuk tabel, grafik, bagan dan kurva. Membahas dan latihan dalam aplikasi dan menfsirkan itendensi sentral : Modus, median, Mean. Kedudukukan relatif: Kuartil, Desil, Persentil. Membahas konsep latihan dalam aplikasi dan menafsirkan variabelitas: Range semi kuartal, Mean Deviasi standar. Pengukuran standar :Z-skor, makna skala dalam suatu distribusi.
Pustaka :
- Statistik Inferensi
- Statistik Deksriptif
Matakuliah : Dasar-Dasar Penelitian BK
Tujuan Umum:
Tujuan Umum:
Setelah mengikuti Matakuliah ini mahasiswa mampu : Membedakan dan menerangkan bermacam-macam pendekatan dalam melaksanakan penelitian. Menganalisis dan merumuskan secara jelas hubungan antara variabel. Merumuskan hipotesis penelitian dan implikasi metodologinya. Menganalisis secara kritis dan menginterpretasikan hasil penelitian empiric. Menyusun draf usulan penelitian untuk membuat skripsi
Isi :
Memahami azas-azas penelitian : Hakekat penelitian sosial, Macam-macam desain penelitian, Pendekatan ilmiah, Konsep-konsep penelitian kualitatif, Karakteristik penelitian kualitatif, Masalah sebagai titik penelitian. Metode Penelitian : Strategi menemukan topik masalah, Merumuskan hipotesis, Karangka berfikir, Tekhnik Penyusunan Instrumen, penyusunan hipotesis, Karangka berfikir, Sampel dan populasi, Macam-macam tekhnik analisis data penafsiran data.
Pustaka :
- Sutrisno Hadi, Metodologi Research
- I.B. Netra Arikunto, Metodologi Penelitian
- Suharsimi Arikunto, Metodologi Penelitian
Matakuliah : Model-model Konseling
Tujuan Umum :
Memahami berbagai pendekatan dalam konseling dan penerapannya dalam membantu klien yang bermasalah
Isi :
Model-model pelaksanaan konseling dalam beberapa pendekatan. Traid and faktor Rational emotif terapi, Behaviorisme, Hjumanistik, Pendekatan gestal, Reality, Analisis transaksional, Elektrik.
Pustaka :
- Gerald Corey, Teori praktek konseling dan psikoterapi, PT Eresco, Bandung, 1988
- Singgih D. Gunarsa, Prof. Dr, konseling dan psikoterapi, TP BPK Gunung Mulia, Jakarta, 1996
- Universitas Muhammadiyah Malang Psikologi Konseling, Malang, 2001
- Winkel, W. S; Bimbingan dan konseling institusi pendektan, PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta, 1990
Matakuliah : Landasan Psikologi Pendidikan
Tujuan Umum :
Mahasiswa mampu membahas masalah-masalah pendidikan dan pengajaran ditinjau dari segi psikologis, kaitan psikologi dengan pendidikan dan pengajaran, model-model psikologi, tingkah laku belajar dan mengajar, strategi pembelajaran :Humanistik, kognitif, Behavioral, Afektif, Gestal, Cooperative Learning, segi/aspek psikologis hubungan guru dan siswa, pengembangan aspek psikologis yang penting dalam pembentukan prilaku beljar, asesmen performansi belajar, serta penelitian psikologi dan aplikasinya dalam pembelajaran.
Isi :
Masalah-masalah pendidikan ditinjau dari segi psikologis. Pergantian dan ruang lingkup psikologi pendidikan. Kaitan psikologi dengan pendidikan dan pengajaran Pandangan psikologi tentang tingkah laku belajar dan mengajar. Strategi pembelajaran. Pendekatan pembelajaran. Aspek psikologis hubungan guru dan siswa. Pengembangan aspek psikologis yang penting dalam pembentukan prilaku belajar. Asesmen performansi belajar.
Pustaka :
- Winkel.WS, Psikologi Pengajaran, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, 1993
Matakuliah : Analisis Pengubahan Tingkah Laku
Tujuan Umum :
Diharapkan mahasiswa memahami tingkah laku dan pendekatan pengubahan tingkah laku
Isi :
Hakekat manusia dan perkembangan tingkah laku. Prinsip-prinsip terbentuknya tingkah laku. Tekhnik-tekhnik pengubahan tingkah laku Perencanaan, pengembangan, pengimplementasian dan evaluasi pengubahan tingkah laku.
Pustaka:
- Alberto, PA. & A.C. Troutman, 1982. Aplied Behavioral Analisis for Teachers : Influensing Student Performance Ohio, Columbus, Charles E. Merril.
- Bell Grudler, ME. Terjemahan Munandar, 1991 Belajar dan membelajarkan, Jakarta : Rajawali.
- Egan, Gerard. 1982. The skilled Helper California : Brooks/Cole Publishing Company.
- Goodwin, D.I.1976. Helping Student Help Themselvtes New Jersey : Englewood Clliffs, Prentice-Hall, Inc.
- George, R.L. Therese, S.C.1981. Therapy Method and Processes of Counseling an psikotherapi USA Englewood Cllifs, Prentice-Hall, Inc.
- Macmilan, D.L.1973. Behavior Modifikasianm in Education. New York : Callier Macmilan Publisher.
Matakuliah : Bimbingan Konseling Keluarga
Tujuan Umum :
Agar dapat memahami tentng keadaan keluarga, baik, fungsi peranan, bentuk, pendidikan, peranan ayah dan ibu dalam keluarga sebagai unit masyarakat, perolehan dalam keluarga.
Isi:
Pendahuluan : Pengertian, Fungsi dan peranan keluarga, Bentuk-bentuk keluarga, Keluarga sebagai Unit masyarakat, Dasar-dasar pembentukan keluarga, Peranan Ayah dalam keluarga : Kontroversi peranan ayah, Calon ayah dan ketika istri hamil, Hubungan bayi dengan ayah, Sosialisasi perkembangan kepribadian dan peranan ayah, Tokoh ayah dan ibu dalam keluarga. Problem dan pendidikan dalam keluarga : Masalah-masalah dalam keluarga, Perasaan terhenti pada kaum ibu, Frustasi dalam kehidupan sehari-hari, Pribadi dalam menghadapi persoalannya, Membina keserasian suami dan istri Perceraian dan dampak pada anak, Revolusi peran ayah, Pendidikan dalam keluarga, perkembangan intelgensi bayi dan anak.
Pustaka :
- Sayekti PS., Bimbingan dan Konseling keluarga, FIP-IKIP Yogyakarta, menara mas Offset yang I, 1994
- Save M. Dagun, Drs ; Psikologi keluarga, Rineka Cipta, Jakarta, 1989.
- Singgih D Gunarsa, Dra. Ny ; psikologi untuk keluarga, Jakarta, 1976
- Universitas Muhammadiyah, Psikologi konseling, Malang, 2001
Matakuliah : Statistik Pendidikan I
Tujuan Umum:
Mahasiswa mampu membahas kurva normal dan aplikasinya, pengetesan hipotesis analisis inferensial non parametic, analisis inferenisal parametic, agresi.
Isi:
Kurva normal: Makna kurva normal, Penerapan kurva normal, Kaitan kurva normal dengan pengujian hipotesis. Pengetesan hipotesis. Analisis inferensial non parametik : Chi-kuadrat, Uji tanda, Uji wilcoxon. Analisis inferensial parametik : Uji T, Uji F Korelasi dengan regresi : Korelasi product moment, Korelasi tata jenjang, Korelasi serial, Regresi sederhana, Regresi berganda.
Pustaka :
- Statistik Inferensial
- Statistik Diskripti
- Sutrisno Hadi, Metodologi Penelitian
- Suharsimi Arikunto, prosedur penelitian
- Nashir. M, Metodologi Penelitian
Matakuliah : Penelituan dalam BK
Tujuan Umum :
Mempelajari masalah dan tekhnik untuk memperoleh dan mengetahui masalah-masalah yang ada pada siswa serta mengetahui tekhnik untuk memberikan bantuan
Isi:
Cara/tekhnik untuk memperoleh masalah/kasus. Metode yang digunakan untuk memperoleh data. Proses dan perencanaan penelitian. Variabel. Indikator dan pengukurannya. Pembuatan instrumen. Tekhnik penentuan sampel. Teknik analisis. Penyusunan proposal. Penyusunan laporan.
Pustaka :
- Sutrisno Hadi, Metodologi Penelitian
- Suharsimi Arikunto, Prosedur penelitian
- Nasir. M, DR, Metodologi Penelitian
Matakuliah : Praktek Tekhnik Laboraturium Konseling
Tujuan Umum :
Memahami tentang formasi dalam konseling, memahami beberapa strategi dan penerapannya dalam konseling
Isi :
Pengembangan tata formasi hubungan dalam konseling : Jarak, posisi dan sikap konselor, Ajakan terbuka, Kontak mata, Penafsiran, Pertanyaan langsung, Konfrontasi, Penyimpulan, pemberian informas, gagassan dan nasehat, Pemberian pungutan, sentuhan jasmani dan pengakhiran proses konseling. Strategi dan masalah klien dalam layanan konseling : Analisa masalah klien, Perumusan Tujuan Umum, Strategi Konseling ; Strategi Asetine, Strategi perkenalan contoh, Strategi desenitirastion, Strategi kursi kosong, Strategi Pengambilan keputusan, Strategi pengubahan pola berpikir. Layanan konseling : Layanan konseling dalam permasalahan klien, Layanan konseling dalam masalah emosi dan stress, Layanan konseling dalam perubahan sosial budaya, Layanan konseling dalam masalah cinta dan rumah tangga. Seleksi, implementasi dan evaluasi untuk intervensi masalah : Modeling sosial, Main peran dan latihan, Pengubahan kognitif. Pengaturan klien.
Pustaka :
- Gerald Corey, Teori praktek konseling dan psikoterapi, PT Eresco, Bandung, 1988
- Singgih DG., Konseling dan psikoterapi, PT BPK Gunung Mulia, Jakarta, 1996
- Universitas Muhammadiyah malang, psikologi Konseling, Malang, 2001
- Winkel, W.S ; Bimbingan dan konseling institusi pendekatan, PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta, 1990.
Matakuliah : Konseling Diperluas
Tujuan Umum :
Mahasiswa mampu mengidentifikasi masalah yang menurut perubahan lingkungan kerjasama dengan pihak lain, pembuatan laporan sesuai dengan kode etik BK serta praktek.
Isi :
Pengubahan lingkungan klien : Pengaruh faktor lingkungan; Lingkungan fisik Lingkungan manusia, Sistem nilai. Kriteria masalah klien: Motivasi Intrinsik ; Faktor intelegensi, Faktor usia, Faktor kelainan, Faktor kedudukan anak dalam keluarga. Motivasi Enktrinsik; Faktor rumah tangga, Faktor pendidikan dan seks, Faktor pergaulan anak, Faktor mas media. Perubahan tingkah laku melalui konseling. Konseling kelompok dalam keluarga : Konsultasi kelompok keluarga, Konsultasi keluarga, konsultasi dengan orang tua mengenai anak. Konsultasi tentang kenakalan anak, konsultasi klien, pengaruh pendidikan terhadap kesehatan mental : Pendidikan dalam rumah tangga, pendidikan di sekolah.
Pustaka :
- Sayekti Pujo, Suwono, DR.M. Pd : Bimbingan dan konseling keluarga, FIP-IKIP Yogyakarta, menara offset yang I, 1994
- Save, M. Dahun, Drs. Psikologi keluarga, Rineka Cipta, Jakarta, 1989
- Singgih D Gunarsa, Dra. Ny; psikologi untuk keluarga, Jakarta, 1976
- Universitas Muhammadiyah, Psikologi konseling, Malang, 2001
Matakuliah : Bimbingan Karier Alternatif
Tujuan Umum :
Mahasiswa memiliki ketrampilan tambahan yang dapat mendukung kehidupan, hubungan sosial individu dan nantinya dapat mendidik anak-anak yang siap pakai dan mandiri.
Isi :
Materi tentang komputer. Materi menjahit, salon kecantikan. Tata boga. Pendekatan BK Religius. Bahasa Asing.
Pustaka :
Suhardjo, 2001. panduan Praktis Menggunakan Microsoft Word 2000. Malang : Universitas Negeri Malang
Matakuliah : Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) BK
Tujuan Umum :
Mahasiswa memhami, mengenal, menguasai, dan melaksanakan layanan bimbingan konseling dalam hal : Layanan informasi, perkembangan remaja, etika pergaulan, penggunaan waktu luang, sosigram / sosiometri, pengumpulan dan analisis data, paket bimbingan karier, penanganan kasus, penyusunan program bimbingan konseling, layanan konseling individu / kelompok.
Pustaka :
Buku pedoman PPL-KKN Terpadu IKIP Mataram (2008)
Matakuliah : Seminar Ulasan Skripsi/Survey Masalah BK
Tujuan Umum :
Mahasiswa menampilkan topik dengan Tujuan Umum mendapatkan masukan sebagai bahan untuk menyempurnakan usulan.
Pustaka :
Pedoman Penulisan Skripsi
Matakuliah : Seminar Masalah Problematik Remaja
Tujuan Umum :
Mahasiswa mampu menelaah masalah dan isu dalam bimbingan dan konseling khususnuya dalam latar belakang sekolah dan pendidikan, baik yang bersifat teoritik maupun praktek pelaksanaan dengan tinjauan antar disiplin ilmu bimbingan dan konseling Pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah (kurikulum, 1975, 1984, 1994 masalah konseling lintas budaya, masalah etik layanan-layanan bimbingan (referral penilaian dsb) dan isu-isu controversial lainnya dalam lingkungan dan pendidikan.
Isi :
Seminar dalam bentuk karya tulis studi kasus
Pustaka :
Buku Pedoman PPL-KKN Terpadu IKIP Mataram (2008)
Matakuliah : Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) BK di Sekolah
Tujuan Umum :
Agar mahasiswa memiliki pengetahuan secara praktis dan trampil dalam memberikan layanan maupun menyiapkan dalam pemberian informasi, pengumpulan dan serta menganalisis, maupun memberikan bimbingan baik individu maupun kelompok.
Pustaka :
Buku Pedoman PPL-KKN Terpadu IKIP Mataram (2008)
Matakuliah : Studi Kasus BK
Tujuan Umum :
Agar mahasiswa dapat memahami tentang tingkah laku yang menyimpang dan berlatih menangani kasus-kasus tentang tingkah laku yang menyimpang.
Isi :
Tingkah laku yang menyimpang: Pengertian tingkah laku menyimpang, Ciri-ciri tingkah laku menyimpang, Bentuk-bentuk tingkah laku menyimpang, Faktor-faktor penyebab tingkah laku menyimpang. Pemahaman dan penyimpangan tentang kasus: Tinjauan awal tentang kasus, Pemahaman tentang kasus, penanganan tentang kasus, Penyikapan tentang kasus. Berlatih mencari dan membuat situasi kasus.
Pustaka :
- Kartini kartono, Kesehatan mental
- Prayitno, Prof. Dr. Insc, Ed, Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Rineka Cipta, Jakarta, tahun 1994
- _______, Drs. Erman ANTI, Dasar-dasar imbingan, Proyek Pembinaan dan Peningkatan mutu tenaga Kependidikan Dikti, Jakarta, 1994
Matakuliah : Pengenalan Dunia Kerja/Perusahaan
Tujuan Umum :
Mahasiswa mengenal dunia kerja/kewirausahaan dan memperluas wawasan pengetahuan dan aspirasi mahasiswa terhadap dunia kerja, ketenagakerjaan dan mencintai dunia kewirausahaan agar mampu hidup mandiri yang ditunjang dengan kecakapan, ketrampilan dan keahlian.
Isi :
Mengenal dunia kerja/Kewirausahaan : Pengertian dunia kerja, Pengertian kewirausahaan, Latar belakang perlunya dipelajari, Kegunaan dan Tujuan Umum dipelajari, Profil dunia kerja/Kewirausahaan. Dinamika Dunia Kerja/Kewirausahaan : Sejarah perkembangan sebagai disiplin ilmu pengetahuan, Karakter dunia kerja/kewirausahaan, Prinsip-prinsip pelaku usaha, Interaksi antara pelaku usaha dalam dunia kerja, Motivasi SDM kewirausahaan, Budaya/Moralitas kerja, Pengembangan etos kerja, Angkatan kerja, penduduk yang bekerja dan menganggur, Lapangan kerja, Tantang dalam era globalisasi, Monopoli pasar, Persaingan pasar bebas. Merintis Usaha Baru dan Model Pengemangannya : Cara memasuki dunia usaha, Proses/tahapan kewirausahaan, Profil hubungan ketenaga kerjaan dengan pengembangan usaha, Pengelolaan organisasi kewirausahaan, Model-model pengembangan. Studi Kelayakan Usaha : Pentingnya studi kelayakan, Analisis kelayakan usaha. Pengelolaan keuangan usaha: Strategi pembentukan modal, Sumber-sumber pemodalan, Catatan keungan yang anda butuhkan, Neraca kesimbangan.
Pustaka :
- M.Thayeb.1988. Pengantar Bimbingan dan Konseling Karir. Jakarta:Depdikbud
- Surya, M. 1986. Pendalaman Paket Bimbingan Karir Malang : IKIP
- Depnaker. 1992. Kamus Jabatan Nasional. Jakarta : Dirjen P2TK
Matakuliah : Kuliah Kerja Nyata (KKN)
Tujuan Umum :
Memberikan ketrampilan kepada mahasiswa melalui pengalaman langsung/praktek kerja tentang cara-cara mengintegrasikan dan mengamplikasikan berbagai ilmu dalam merumuskan serta memecahkan permasalahan pembangunan : Hakekat masalah, tekhnik memecahkan masalah pemangunan, pemecahan masalah pembangunan secara pragmatis berdasarkan ilmu, teknologi dan seni, menggerakkan masyarakat dalam pertisipasinya untuk memecahkan masalah pembangunan.
Pustaka :
Buku Pedoman PPL-KKN Terpadu IKIP Mataram (2008)
Matakuliah : Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)
Tujuan Umum :
Mahasiswa memahami secara utuh tentang materi-materi pengelolaan SDM sebagai langkah strategi dan sekaligus membekali mereka agar mampu membina suatu organisasi lembaga / perusahaan yang menempatkan manajemen sebagai faktor yang vital. Memperluas wawasan pemikiran / pandangan tentang seluk beluk MSDM dengan segala keterkaitannya dengan kemajemukan Iptek yang kompetetif sebagai kajian yang obyektif.
Isi :
Pemahaman Dasar : Definisi manajemen sumber daya manusia (MSDM), MSDM mengapa dan bagaimana dipelajari, Pertumbuhan dan perkembangan MSDM, Beberapa pendekatan mempelajari, Kegunaan dan perkembangan MSDM, Beberapa pendekatan mempelajari, Kegunaan dan Tujuan Umum mempelajari, Model-model MSDM, Ruang lingkup MSDM. Perencanaan Sumber Daya Manusia: Pengertian, Aspek-aspek perencanaan SDM, Siapa pelaku perencanaan dan yang direncanakan, kapan dilakukan dan bagaimana caranya, Manfaat / Tujuan Umum perencanaan, Tantangan perencanaan SDM, Evaluasi perencanaan SDM. Rekrutmen: Pengertian, Beragai sumber rekrutmen, Penentuan kualifikasi dan kuantitas, Prosedur pengadaan tenaga kerja, Berbagai Kendala dalam rekrutmen dan solusinya. Prosedur pengadaan tenaga kerja, Berbagai kendala dalam rekrutmen dan solusinya. Seleksi: Pengertian maksud / Tujuan Umum, berbagai kriteria yang perlu diperhitungkan, Kualifikasi yang menjadi dasar seleksi, Langkah-langkah dalam proses seleksi, Keputusan seleksi. Penempatan: Pengertian, maksud/Tujuan Umum, Program pengenalan, Penempatan Promosi, Alih Tugas, Pemutusan hubungan kerja. Orintasi, Pelatihan dan Pengemangan SDM: Pengertian, maksud / Tujuan Umum, Model Orientasi, Sosialisasi organisasional, Prinsip-prinsip pelatihan, Pendekatan sistem pelatihan, Sosialisasi organisasional, Prinsip-prinsip pelatihan, Pendekatan sistem pelatihan, Proses dan metode pelatihan, Penilaian kebutuhan pelatihan, Penilaian pelaksanaan program, Penentuan program dan sasaran pengemangan SDM, Penilaian pelaksanaan program, Penentuan program dan sasaran pengembangan SDM, Penilalain pengembangan SDM. Perencanaan dan pengemangan karier: Pengertian, Ruang lingkup, Manfaat, Dampak pengembangan karier. Penilaian Prestasi kerja: Pengertian dan Tujuan Umum, Penilaian prestasi kerja suatu karangka sistem, Sistem manajemen kinerja penilaian, Metode dan obyek penilaian, Pedoman sistem, Sistem manajemen kinerja penilaian, Metode dan obyek penilaian, Pedoman untuk penilaian, Strategi dan proses penilaian, Metode dan obyek penilaian, Pedoman untuk penilaian, Strategi dan proses penilaian, Dampak penilaian, Pedoman yang bersangkutan dan organisasi. Kompensasi: Pengertian, Tujuan Umum-Tujuan Umum kompensasi, Fungsi dan Faktor-faktor yang mempengaruhi, Kelayakan dalam pemberian kompensasi, Fungsi dan faktor-faktor yang mempengaruhi, Kelayakan dalam pemberian kompensasi, Hubungan kompensasi dan kinerja, Evaluasi efektivitas kompensasi, Keunggulan dan kelemahan program kompensasi. Pemeliharaan hubungan dengan karyawan: Motivasi, Kepuasan kerja, Masalah stres dan pengelolaannya, Disiplin karyawan, Program fungsi dan tipe, Sistem informasi manajemen, Sistem dan proses komunikasi.
Pustaka :
- Achmad, Sistem Manajemen Kinerja. PT. Gramedia pustaka uta,ma, tahun 2002 Jakarta
- Basir Barthos, Manamejem Sumber Daya Manusia suatu pendekatan makro, Bumi Aksara tahun 1990 Jakarta
- Hnery Simamora, Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi kedua, STIE YKPN, tahun 2001. Yogyakarta
- S. Siagian. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, tahun 1997. Jakarta
- Susilo M., Manajemen Sumber Daya Manusia, BPFE, tahun 2000, Yogyakarta.
Matakuliah : Konseling Lintas Budaya
Tujuan Umum :
Mahasiswa memahami faktor-faktor sosial budaya yang berpengaruh pada individu dan penyelenggaraan konseling, dan mahasiswa terampil menganalisis faktor-faktor budaya yang berpengaruh pada efektivitas konseling, dan mengaplikasikan teknik-teknik konseling dalam berbagai latar budaya yang merupakan latar belakang klien yang dibantu, dan peka terhadap bekerjanya faktor-faktor budaya yang berpengaruh pada layanan lanjutan.
Isi:
Hakekat konseling, hakekat budaya, hakekat lintas budaya, hakekat konseling, lintas budaya, perbedaan budaya yang mempengaruhi konselor lintas budaya, yang kesadaran budaya, faktor-faktor menghambat konseling lintas budaya, etika penghambat konseling-konseling lintas budaya, dan latihan penerapan konseling lintas budaya konseling.
Pustaka :
- Brown, D. & Srebalus, D.J.1998. Introduction to the Conseling Profession. Baston: Allyn & Bacon
- Corey, G. 1982. Theory and Practice of Counseling and psychotherapy. Menterey Califoria : Brook/Cole Publishing.
- Flurentin, E. 2001. Konseling Lintas Budaya. Malang : Jurusan BKP UM Havilan, W.A. 1988. Antropologi. Alih; Bahasa R.G. Soeha-djo. Jakarta: Erlangga. Koentjaraningrat, 1985. Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan. Jakarta.
- Gramedia Kupferer, H.J. & Fitzgerald, T.K. 1971. Cultural Society and Guid-ance. Baston: Hougton Mifflin Company.
- Keiris, Michel. 1982. Race and Cultural. Paris : UNISCO
- Marsella, A.J. dan Pedersen. 1983 Cross –Cultural Counseling and Psychotherapy.
0 komentar:
Posting Komentar